news

Tips & Tricks
Cara mudah Cek Kondisi Oli Mesin Motor Trail

view
130
like  
0

Wednesday, 16 May 2018


Posted by : Administrator

Bagi para pengguna motor trail 4-tak, barometer yang menjadi patokan untuk mengganti oli biasanya adalah hitungan bulan atau petunjuk kilometer yang ada di motor trail yang memilikinya. Nah bagaimana jika ternyata motor trail tersebut lebih banyak di parkir di garasi saja dan hanya sesekali diajak berpetualang oleh sang empunya? Kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli pada motor trail dengan kondisi seperti tadi?

Selama volume oli dalam mesin motor trail Anda dalam kondisi stabil dan baik serta tidak kadaluarsa maupun terkontaminasi, biasanya oli tersebut masih bisa digunakan. Ada beberapa langkah pengecekan yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah oli mesin motor trail Anda masih layak digunakan. Salah satunya dengan menggunakan deep stick.

Dengan menggunakan deep stick berbentuk batangan ini, Anda dapat melihat warna dan kualitas oli mesin motor trail Anda. Jika warna oli terlihat seperti coklat susu, Anda perlu waspada karena kemungkinan besar oli bercampur air melalui celah mesin. Atau yang lebih parah lagi yaitu terjadi kebocoran pada cairan pendingin yang kemudian bercampur dengan oli di blok mesin.

Pastikan juga bahwa volume oli mesin Anda tidak berkurang yang dengan menggunakan deep stick. Anda bisa melihat indikator kedalaman oli di mesin pada ujung deep stick.

Cara kedua untuk melakukan pengecekan kualitas oli mesin adalah dengan melihat kekentalan oli tersebut. Sediakan selembar kertas putih dan teteskan sedikit oli pada kertas tersebut. Jika setelah diteteskan , warna nodanya berwarna hitam tidak merata hanya hitam pada bagian tengah saja, itu menandakan bahwa oli di dalam mesin motor trail Anda sudah mengalami penurunan secara kualitas.

Nah jika Anda menemukan beragam gejala di atas pada oli mesin motor trail Anda. Kami sarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru, kendati motor tersebut jarang digunakan. Penggunaan oli yang sudah kadaluarsa atau yang kualitasnya sudah menurun, bisa berpengaruh pada perfoma mesin bahkan jika terus menerus dipaksa untuk menggunakannya, akan membuat umur komponen mesin Anda menjadi lebih singkat.

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup