caption trialgame

Cegah Kerusakan, Cuci Motor Trail dengan Baik

Wednesday, 20 July 2016

Seperti sudah Trial Game sebutkan dalam beberapa artikel sebelumnya, menjaga kebersihan motor trail anda akan membuat trail menjadi awet serta memiliki performa yang lebih menawan. Maklum saja, aktivitas trail Anda sudah pasti bergelut dengan debu, lumpur, pasir dan kotoran lain yang akan menempel pada motor trail.

Segera cuci trail setelah selesai berpetualang  dan apabila lumpur sudah mengering dan lekat di bodi motor, gunakan semprotan air bertekanan tinggi agar kotoran cepat rontok. Untuk memudahkan anda membersihkan trail dan mencegah terjadinya kerusakan saat proses pencucian, kami akan memberikan beberapa tips yang pastinya akan membantu saat mencuci trail kesayangan Anda.  Disimak yaa

  1. Pastikan kondisi mesin dan saluran pembuangan/knalpot telah dingin sebelum dicuci.
  2. Hindari menggunakan bahan kimia yang keras, larutan, sabun dan produk lainnya yang mengandung amonia.
  3. Jika sisa bahan bakar, minyak rem dan coolant mengenai trail Anda, segera mencucinya karena cairan tersebut dapat  merusak permukaan cat dan permukaan plastik pada trail.
  4. Hindari menggunakan sikat kawat atau kain yang mengandung serat besi yang bersifat mengikis.
  5. Lindungi komponen koil, CDI, lubang knalpot dan tangki bahan bakar yang terbuka jika Anda menggunakan semprotan bertekanan tinggi. Air yang masuk ke bagian-bagian tersebut sudah pasti akan membuat masalah pada trail Anda.
  6. Bilaslah motor menggunakan busa/spons dengan campuran air dingin dan sabun khusus sepeda motor atau shampo. Jika perlu, gunakan sedikit solar pada kain untuk menghilangkan oli atau grease.
  7. Jika Anda baru saja melakukan petualangan di daerah pantai atau jalanan yang dekat dengan air laut. Segera cuci dengan air dingin. Jangan gunakan air hangat karena dapat mempercepat reaksi kimia dari garam yang mungkin menempel pada trail.
  8. Setelah mencuci, siram dengan air bersih untuk mengilangkan sabun, kotoran dan residu yang dapat merusak komponen kendaraan.
  9. Gunakan kain lembut atau kanebo untuk mengeringkan air di motor. Jangan tunggu air hingga kering karena dapat merusak permukaan yang dicat.
  10. Setelah kering, berikan pelindung korosi seperti WD40 atau Chain Lube di bagian rantai, gir, leher knalpot, baut, mur dan lainnya, untuk mencegah terjadinya karat.
  11. Hidupkan mesin dan tunggu beberapa menit. Panas dari mesin akan membantu mengeringkan area di sekitarnya.

comments

`