news

Tips & Tricks
Enak Mana Rem Cakram Atau Rem Tromol ?

view
156
like  
0

Wednesday, 6 December 2017


Posted by : Administrator

Komponen rem merupakan hal vital yang amat menentukan dalam menunggangi motor trail. Dalam dunia balapan, terkadang penggunaan rem yang tepat bisa menentukan seseorang menjadi pemenang. Nah saat ini ada dua jenis rem yang biasa digunakan oleh para pengendara motor trail yaitu rem cakram dan rem tromol

Biasanya para pemilik motor trail klasik masih menggunakan teknologi rem tromol, sementara untuk motor trail terbaru, rem cakram sudah pasti menjadi piranti wajib. Akibat adanya dua jenis rem ini, maka akan timbul pertanyaan susulan yaitu mana yang lebih baik dan lebih enak ketika digunakan di atas motor trail? Simak ulasannya ya.

Walaupun memiliki fungsi yang sama, rem tromol dan rem cakram mempunyai kinerja dan keunggulan masing-masing. Rem cakram memang bisa dibilang lebih pakem, bila dibandingkan dengan rem tromol. Cakram memiliki pelepasan panas yang lebih baik ketimbang rem teromol. Jadi, kampas rem cakram tidak akan cepat panas dan kehilangan daya cengkeram nya. Dengan kelebihan tersebut, maka untuk penggunaan yang lama, misal jalan menurun yang curam tentu rem cakram menjadi pilihan yang lebih baik.

Sementara rem tromol, dengan permukaan gesek yang lebih banyak, cengkeraman nya pun cukup baik. Walaupun memang sangat disayangkan, rem tromol lekas panas dan pembuangan panasnya lebih minim. Namun untuk urusan jalan yang basah dengan kondisi hujan, ternyata performa rem tromol leih baik dibandingkan dengan rem cakram. Maklum saja, ketika terkena air daya cengkram daya cengkeram kampas rem cakramn tidak sekuat ketika sedang kering. Sementara pada rem teromol, sistemnya tertutup. Konstruksi tersebut membuat air tidak mudah membasahi kedua permukaan, baik pada kampas rem maupun teromol nya.

Performa rem cakram menunjukan kualitasnya ketika melibas lintasa yang menurun panjang. Rem jenis ini mampu menahan laju motor trail dengan baik, bahkan ketika hujan sekali pun. Meski awalnya agak lepas, namun ketika rem digunakan terus-menerus, tampaknya cengkeraman kampas rem nya semakin baik. Uraian singkat tadi rasanya sudah bisa membantu Anda untuk memutuskan mana yang lebih baik bukan?

Tags : Trial Game,Indonesia