caption trialgame

Fakta Seputar Kick Starter Motor Trail

Friday, 21 September 2018

Beberapa tipe motor trail, terutama yang keluaran terbaru, umumnya memiliki dua metode dalam melakukan start mesinnya, yaitu kick starter dan electric starter. Setiap tipe penyalaan motor tersebut memiliki kendala dan kelebihan masing-masing, terutama kick start yang berisiko terasa keras.

Sebagai peranti cadangan, kick starter atau starter kaki memang jarang digunakan karena kurang praktis. Apalagi bagi mereka yang gemar melahapa medan offroad. Jika motor mati ditengah kubangan lumpur, akan terasa amat sulit untuk menyelakan dengan menggungakan kick starter.

Karena efek jarang dipakai itulah, kick starter adakalanya terasa berat atau keras sehingga akan lebih merepotkan apabila electric start tidak berfungsi normal. Lantas apa penyebab kick starter terasa keras?Biasanya timbul karat yang mengggangu poros gerak akibat jarang dipakai atau dilumasi. Karena itulah, per stopper penghubung gir slah dan primer sering terhambat dan membuatnya sulit bergerak.

Jika hal ini terjadi maka Anda harus membongkar bagian CVT dan membersihkannya secara merata. Hilangkan semua kotoran dari penghubung gir memakai kuas dan angin bertekanan tinggi (kompresor).Setelah itu, oleskan gemuk atau grease pada per stopper dan alur gir agar licin plus makin lancar.

Idealnya kick starter difungsikan saat pagi hari, apalagi jika Anda menggunakan motor trail secara harian. Sebab untuk menjaga awetnya masa pakai aki, motor sebaiknya tidak dihidupkan dengan electric starter jika selama beberapa jam mesin tak digunakan.

Tapi jangan salah, selain keras. Ternyata masalah lain yang bisa menimpa kick starter motor trail Anda adalah ngelo atau kick starter terasa enteng, seolah tidak ada tendangan baliknya. Jika hal ini terjadi biasanya, motor akan sulit untuk dinyalakan dan penyebabnya tak lain serta tak bukan adalah mesin tidak melakukan tekanan kompresi yang harusnya disebabkan oleh dorongan piston.

Penyebab hal tadi karena di klep valve ada kotorannya. Kerja klep itu harus naik turun jika ada kotorannya, pas saat menutup menjadi tidak sempurna. Kotoran pada klep sebetulnya merupakan kerak karbon sisa pembakaran bensin. Klep yang tidak tertutup sempurna membuat kompresi bocor. Inilah yang dimaksud dengan loss kompresi atau kehilangan kompresi.

Klep sendiri, atau yang juga dikenal dengan nama katup, berfungsi mengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa pembakaran pada mesin motor. Kenapa bisa ada kerak. Biasanya karena menggunakan bahan bakar dengan RON rendah, yang pasti memang ada sisa pembakaran berupa kerak.

Untuk memperbaiki masalah ini masukkan oli baru tiga sendok melalui lubang busi. Oli baru ini bisa membuat kerak akan larut. Namun saat dinyalakan akan keluar asap karena oli baru itu terbakar. Jadi jangan panik kalo kemudian knalpot ngebul beberapa saat, yang penting motor nyala dulu ya.

comments

`