caption trialgame

Fungsi Kapur Barus Untuk Motor Trail

Monday, 15 October 2018

Manusia memang diberkahi Tuhan dengan kemampuan akal dan pikiran yang melebihi makhluk lainnya, di dunia ini. Bentuk kelebihan ini yang membuat manusia lebih kreatif dalam menggunakan akalnya. Salah satu bentuk kreativitasnya adalah dengan menggunakan akal untuk membuat motor trail menjadi lebih garang.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kapur barus atau kamper, yang pada umumnya digunakan untuk mengharumkan lemari pakaian agar terhindar dari rayap dan bau tak sedap, ternyata dapat digunakan untuk menaikkan angka oktan jika dicampur dengan bensin.Hal itu diyakini dapat membuat performa mesin menjadi lebih baik.

Kapur barus sering digunakan sebagai aditif untuk menaikkan oktan bahan bakar jenis gasoline, yang beroktan rendah. Sebagai informasi, kapur barus memiliki kandungan naphthalene yang memiliki oktan 90.Dengan kata lain, kapur barus yang merupakan senyawa polysiklik aromatik hydrocarbon dengan 2 cincin benzene ini hanya efektif pada bensin beroktan di bawah 90 seperti Premium.Untuk itu, jika bensin memiliki oktan lebih dari 90, kapur barus tidak akan memberikan manfaat yang besar.

Untuk itu, jika bensin memiliki oktan lebih dari 90, kapur barus tidak akan memberikan manfaat yang besar.Jika motor dianjurkan menggunakan bensin beroktan di atas 90, hal tersebut harus dipenuhi.Jika dipaksakan dengan oktan yang lebih rendah lalu dicampur kapur barus, hal itu tidak akan berpengaruh.Penyebabnya adalah kandungan naphthalene tidak terbakar sempurna.

Tapi penggunaan kapur barus yang dicampur dengan bahan bakar itu ternyata berbaha lho. Karena kandungan naphthalene memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia. Bila sering diserap oleh tubuh melalui mulut, kulit ataupun pernapasan. Nah ternyata bahaya ya, mending pakai bahan bakar yang langsung memiliki oktan tinggi sekalian sajalah ya.

Tapi ternyata kapur barus memiliki fungsi baru lho. Anda bisa mencegah kabel putus dengan menggunakan kapur barus. Senyawa Napahthalene dalam kapur barus juga tidak disukai tikus. Hal ini tentu amat berguna bagi Anda yang memiliki tempat penyimpanan motor yang rentan terhadap serangan hama ini, maklum saja semua kabel bisa dimakan tikus, seperti kabel CDI hingga kabel lampu.

Taruh beberapa butir kapur barus pada bagian bawah jok atau bagian yang dekat dengan kabel. Biasanya tikus bakal enggan mendekati sesuatu yang memiliki bau kapur barus tajam. Nah sepertinya lebih baik menggunakannya sebagai pengusir tikus daripada pencampur bahan bakar ya.

comments

`