news

Tips & Tricks
Gini Lho Cara Kerja Injektor Motor Trail

view
249
like  
0

Monday, 14 May 2018


Posted by : Administrator

Sepak terjang motor trail injeksi di Indonesia memang masih belum dahsyat bergema. Tapi bukan berarti motor trail jenis ini tidak diminati. Buktinya ada juga kok yang gemar mengajak motor trail ini berpetualang.

Motor trail yang menggunakan karburator saat ini memang lebih banyak diminati oleh para pecinta motor trail Indonesia, oleh sebab itu banyak yang tidak paham mengenai beragam fungsi spare part di motor trail injeksi. salah satunya adalah injektor. Apa sih yang dimaksud injektor? Gunanya apa dan fungsinya apa pada motor trail bermesin injeksi? yuk kita bahas di bawah ini ya.

Fungsi injektor di motor injeksi mirip pilot jet dan main jet yang menyemprotkan bensin ke ruang bakar. Namun, part ini kerjanya dibantu oleh ECU yang memberi perintah seberapa banyak bensin yang disemprotkan.

Secara sederhana, fungsi injektor menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan mengubah partikel menjadi kabut.Lubang kecil pada injektor tersebut yang mengubah bahan bakar menjadi kabut.Dengan proses pengkabutan bensin menjadi mudah terbakar di ruang bakar.

Apakah injektor menyedot bensin dengan sendirinya? Tidak, bensin mengalir ke injektor akibat adanya tekanan dari fuel pump.Jadi tanpa fuel pump injektor tidak akan berfungsi dengan maksimal.

Harus diketahui, masing-masing injektor punya kapasitas penyemprotan dalam satu menit.Jadi spesifikasinya berbeda-beda pada setiap motor trail.Di motor standar, untuk menentukan jumlah debit bahan bakar yang disemprotkan bukan dari besarnya lubang di injektor.Tapi, diseting lewat ECU yang memerintah injektor.Semakin lama ECU memerintahkan injektor menyemprot, semakin banyak juga jumlah bahan bakar yang mengalir ke ruang bakar. Nah sekarang jadi tahu kan fungsi injektor di motor trail injeksi.

Oh iya mengingat kondisi bahan bakar di Tanah Air yang kadang kualitas atau kebersihannya kurang bagus, terkadang hal ini bisa membuat injektor pada motor trali bermasalah. Maklum saja komponen iin terhitunga rentan dihinggapi kerak dan kotoran yang biasanya di dapat karena bensin kualitas rendah, yang pada akhirnya akan mengganggu kualitas semprotan bensin.

Kami anjurkan untuk membersihkan komponen ini secara berkala. Jika motor trail Anda jarang diajak untuk berpetualang dan hanya digunakan di dalam kota saja kami sarankan untuk membersihkannya dengan cairan injector cleaner setiap 20 ribu kilometer. Tapi jika Anda merasakan adanya penurunan performa sebelum jarak itu, tidak ada salahnya untuk segera melakukan pengecekan pada injektor motor trail Anda.

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup