caption trialgame

Ini Alasan Motor Trail Gunakan Spokes Wheel

Tuesday, 18 September 2018

Hampir sebagian besar pengguna motor trail umumnya menggunakan pelek jenis spokes wheel atau yang biasa dikenal dengan nama pelek jari-jari.   Tentunya ada alasan tersendiri mengapa motor jenis tersebut dilengkapi dengan pelek jari-jari bukan dengan pelek cast wheel atau racing.

Ternyata pelek jenis spokes wheel dianggap lebih fleksibel dan mampu meredam benturan saat melintasi lubang atau permukaan jalan yang tidak rata. Hal tersebut dimungkinkan karena konstruksi pelek jari-jari sendiri yang terdiri dari beberapa bagian yang dirakit.

Spokes Wheel juga dipilih karena bobotnya lebih ringan dan lebih tangguh saat dipakai offroad, sehingga cocok dipakai di motor trail atau adventure. Sementara itu karakter pelek racing sendiri lebih kaku dan kurang nyaman saat digunakan dijalan rusak, sehingga kurang pas dipakai pada motor jenis trail.

Tapi menggunakan spokes wheels bukan tanpa masalah. Kadang dalam beberapa kesempatan motor trail terasa oleng atau tidak stabil saat dikendarai. Rasanya mirip seperti ban kurang angin. Padahal tekanan anginnya sudah pas.

Jika hal ini terjadi pada motor trail Anda, jangan dibiarkan.Stabilitas yang kurang dalam berkendara bisa bikin celaka bahkan memakan nyawa.Gejala oleng di pelek jari-jari ternyata disebabkan oleh dua hal, karena pemakaian dan kurangnya perawatan pelek.

Penggunaan motor trail pada medan offroad bisa mengakibatkan pelek menjadi penyok setelah mengalami beragam benturan atau menghantam lubang dengan keras. Kondisi pelek penyik juga bisa disebabkan karena jeruji sudah kendur atau bengkok.

Jika pelek jari-jari bermasalah, sebenarnya juga bisa dideteksi lewat tampilannya.Contohnya karat atau keropos, bentuk ring pelek sedikit berubah dan juga jeruji dapat berputar atau bergeser jika dipegang. Anda bisa mengganti jeruji yang sudah berkarat dengan yang baru, harganya pun biasanya tidak terlalu mahal untuk menggantinya.

Tapi jangan lupa, setelah mengganti jeruji, lakukan penyetelan ulang pelek agar mendapatkan kondisi yang ideal. Ada kemungkinan, walaupun telah mengalami penggantian jeruji yang baru, bentuk keseluruhan pelek masi belum bulat sempurna, untuk itulah diperlukan penyetelan ulang pelek yang bisa Anda lakukan di bengkel-bengkel langganan.

comments

`