caption trialgame

Ini Cara Bikin Awet Aki Motor Trail

Thursday, 19 April 2018

Bukan hanya komponen pada bagian mesin saja yang harus mendapatkan perhatian dari para pemiliki moto trail. Salah satu bagian terpenting dari motor trail adalah aki. Yup, bagian yang menunjang kelistrikan ini memang terkadang luput dari perhatian, padahal bagian cukup penting pada sebuah kendaraan baik roda dua ataupun roda empat. Aki berfungsi untuk menghasilkan daya listrik untuk menunjang kinerja headlamp, lampu sein, staterl serta beberap fitur lainnya.

Untuk itu aki juga memerlukan perawatan agar selalu memiliki kinerja yang optimal. Oh iya aki sendiri, memiliki dua jenis yaitu aki basah dan aki kering. Untuk mengetahui perbedaannya Anda bisa membaca tulisannya di link ini ya.

Nah lewat tulisan ini kami akan memberikan beberapa tips dan trik merawat aki motor trail Anda, agar komponen ini menjadi lebih awet dalam penggunannya. Yuk disimak bersama.

 

1. Cek ketinggian air dan lakukan proser charging

Untuk menjaga keawetan aki motor, khusus untuk aki basah adalah anda harus memperhtikan ketinggian air akinya, kami menganjurkan untuk selalu mengeceknya ketinggian aki minimal satu bulan sekali, hal ini menjadi sangat penting demi menjaga supaya sel-sel pada aki basah tidak sampai habis pada level yang di tentukan, karena banyak pengguna sepeda motor luput memperhatikan hal kecil yang mempunyai pengaruh terhadap beberapa komponen pada sebeda motor.

Sementara itu untuk aki kering, jika dirasa daya mulai melemah maka lakukanlah isi ulang ataupun charging selama 5 sampai 8 jam tergantung besar daya aki.

 

2. Nyalakan motor setiap hari minimal 15 menit

Pemakaian aki dalam jangka panjang, memang berpengaruh pada kinerja aki. Sel-sel di dalam aki akan menjadi mati atau mengering, maka untuk mencegah hal tesebut Anda cukup menyalakan motor trail minimal 15 menit saja setiap hari untuk menjaga kualitas dan kinerja aki itu sendiri.

 

3. Cek kedua terminal Aki

Tidak sedikit yang mengetahui bahwa bagian ini ternyata cukup vital pada aki. Pasalnya jika di biarkan begitu saja bagian terminal aki akan mengerak putih, sehingga energi yang di salurkan pada tidak akan maksimal. Jika sampai muncul kerak putih maka terminal harus di bersihkan terlebih dahulu.

 

4. Cek Kondisi kiprok motor

Komponen selanjutnya adalah rectifier regulator atau yang biasa disebut dengan nama kiprok aki di Indonesia. Kiprok sendiri berfungsi sebagai regulator yang berfungsi untuk menyuplai listrik ke dalam aki. Komponen ini berperan penting dalam proses pengisian aki. Kiprok pada bagian aki sendiri memang terkadang menjadi sinyal jika lampu mengalami ketidak stabilan pada sumber cahayanya berarti ada bagian yang rusak pada kiprok aki, supaya tidak merusak bagian inti lampu maka Anda harus mengecek bagian kiprok terlebih dahulu.

comments

`