news

Tips & Tricks
Ini Dia Biang kerok letupan Knalpot Motor Trail

view
128
like  
0

Monday, 16 April 2018


Posted by : Administrator

Pemeliharaan menjadi kunci agar performa motor trail terus prima.Salah satu bagian yang harus mendapatkan perawatan adalah knalpot. Knalpot memiliki fungsi untuk membuang gas emisi hasil pembakaran mesin pada motor.Selain itu, knalpot ini juga sekaligus bertugas meredam suara bising yang dihasilkan dari proses pembakaran mesin.

Permasalahan yang sering dialami knalpot tidak lain yaitu timbulnya suara seperti tembakan saat melepas gas.. Hal ini biasa disebut dengan efek knocking dan lumrah terjadi pada motor trail yang menggunakan sistem karburator. Tapi dalam beberapa kasus, hal ini juga bisa menimpa pada motor trail yang menggunakan teknologi injeksi.

Pada motor trail berkaburator, penyebabnya terjadinya hal ini biasanya karena penyetelan angin yang tidak pas, serta karet vakum yang tak bekerja maksimal, sehingga membuat motor seolah mengeluarkan suara tembakan.

Penyebab lainnya bisa karena packing motor yang bocor. Jika penyetelan angin sudah sesuai namun masih mengeluarkan suara tembakan, biasanya terjadi karena packing knalpot motor yang bocor. Hal ini menyebabkan adanya udara luar yang masuk sehingga pembakaran bensin tidak optimal.

Jika packing mengalami kerusakan atau bocor, maka tidak ada solusi lain selain menggantinya dengan yang baru. Tapi jangan khawatir biasanya, spare part ini tidak terlalu mahal, sehingga Anda tidak perlu mengernyitkan dahi saat mengeluarkan uang.

Hal lain yang bisa menyebabkan terjadinya suara letupan adalah campuran udara beserta bahan bakar yang tidak seluruhnya terbakar oleh busi bisa menyebabkan suara letupan yang diakibatkan oleh after burn, alias pembakaran kedua. After burn ini meletup setelah gas segar yang tidak terbakar berhasil lari keluar knalpot.

Kurangnya suplai udara bersih ke ruang pembakaran juga bisa menyebabkan tejradinya letupan pada knalpot. Air screw karburator yang sudah aus atau setelan karburator yang kurang optimal biasanya menjadi penyebab utamanya

Penyebab lain terjadinya suara letupan knalpot yang lain adalah kondisi busi yang sudah tidak layak. Elektroda busi yang sudah kotor karena diselimuti oleh kerak sisa pembakaran atau basah terkena air bisa menyebabkan percikan api yang tidak stabil. Dengan demikian knalpot pun bisa mengeluarkan suara 'nembak'.

Sementara untuk motor trail yang menggunakan teknologi injeksi, kami sarankan untuk segera membawa motor trail Anda ke bengkel resmi. Teknologi injeksi mengharuskan mesin mengalami pengecekan ulang pada beragam sensor yang ada di dalamnya, sehingga diketahui penyebabnya.

Percayakan penanganannya pada mekanik kepercayaan Anda. Sistem mesin injeksi yang rumit, membuat kami tidak menyarankan Anda untuk membongkar sendiri mesin motor trail Anda jika mengalami masalah seperti ini.

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup,Tips & Tricks