news

Tips & Tricks
Ini Lho Cara Bikin Tinggi Shock Breaker yang Aman

view
144
like  
0

Saturday, 1 December 2018


Posted by : Administrator

Motor trail pada dasarnya dibuat untuk menerjang beragam medan offroad dengan kemampuan melahap jalanan yang tidak mulus. Jadi tidak heran jika kemudian shock breaker bawaaan motor trail sudah memiliki kemampuan yang cukup untuk diajak berpetualang.

Namun hal ini bukan berarti para pengendaranya puas dengan kinerja shock breaker motor trail mereka, tidak sedikit yang merasa bahwa motor trail mereka miliki ground clearence yang kurang tinggi. Terlepas dari beragam alasan, solusi dari masalah ini hanya ada dua yaitu mengganjal batang suling shock atau mengganti dengan shock breaker after market.

Mengganjal batang suling schok terhitung murah dah mudah dilakukan. Pipa suling yang ada di dalam shock diganjal agar posisi as shock lebih naik. Otomatis ketika terpasang, shock akan lebih panjang dibandingkan standar.

Untuk mengganjalnya biasanya menggunakan pen piston yang sudah tidak terpakai. Tinggal samakan diameter pen piston dengan pipa suling.Jika pen piston sudah dapat, lanjut beli baut pengikat suling yang lebih panjang.Harganya juga tidak malah, masih berkisar ribuan rupah.

Posisi pasangnya, pen piston diletakan di bawah pipa suling. Setelah posisinya benar di dalam tabung sok, baru dibaut dari bawah tabung sok menggunakan baut yang lebih panjang tadi. Jangan lupa, tambahkan kapasitas oli sok agar kekerasannya kembali sesuai.

Nah jika Anda memutuskan untuk mengganti shoc breaker after market, yang banyak beredar saat ini biasanya paling tinggi beriukuran 350mm. Jika Anda ingin memiliki ukuran yang lebih tinggi maka harus membuat atau mengcustom shock breaker.

Ukuran custom shock breaker sendiri beragam, tapi biasanya mulai dari 420mm sampai 500mm. Nah, karena tingginya jauh di atas shock breaker standar, maka banyak komponen yang diubah agar hasilnya tetap aman dipakai. Proses upgrade tinggi shock breaker sendiri tidak bisa hanya melakukan penggantian per yang lebih tinggi karena akan berdampak buruk.

Selain per, bagian utamanya justru pada sistem hidrolik sok. Tujuannya agar sok tetap bekerja dengan baik setelah ditinggikan. Agar tetap aman dan nyaman digunakan, sistem hidrolik sok yang terdiri dari batang as dan bagian dalam shock breaker juga perlu diracik ulang.

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup