caption trialgame

Ini Penyebab Seal Shock Breaker Terus Bocor

Thursday, 15 November 2018

Bagi para pemilik motor trail, tentu Anda sudah merasa melakukan beragam perawatan yang optimal pada tunggangan Anda, baik dilakukan oleh diri sendiri maupun oleh mekanik kepercayaan. Tapi terkadang ada juga hal sepele yang sering dibiarkan sehingga baru merasakan akibatnnya ketika sudah terjadi masalah, sepert misalnya shock breaker.

Fungsi shock breaker sendiri yaitu membuat pengendara motor trail merasa nyaman saat menunggangginya. Ada dua jenis shock breaker yang saat ini beredara yaitu oli dan gas, namun yang paling populer adalah shock breaker oli.

Masalah yang sering dihadapi shock breaker oli adalah keluarnya oli dari sela-sela seal. Shockbreaker bocor bisa karena beragam hal, namun jika hal ini terjadi biasanya mau tidak mau anda haru mengganti seal untuk mencegah terjadinya kebocoran tadi.

Tapi jangan kaget kalau sudah ganti seal tapi ternyata shock breaker masih bocor.Kebocoran shock breaker depan tidak hanya disebabkan oleh seal yang rusak atau sobek, bisa juga beragam hal lainnya. ada beberapa orang yang sudah mengganti berkali seal shock breaker namun tetap masih bocor pada bagian tersebut.

Penyebabnya ternyata shock breakernya sudah baret sehingga menimbulkan celah pada as-nya. Dan jika hal ini terjadi, mau diganti berapa kali pun, seal akan tetap mengalami kebocoran. Wajar saja karena pada celah yang baret tersebut oli dengan mudahnya bisa menyelinap keluar melalui area tadi.

Penyebab as shock breaker depan baret biasanya karena adanya debu atau kerikil kecil yang menempel pada bagian ini. Nah berpetualang dengan motor trail biasanya menemui dua hal tadi, karena maklum saja lintasan yang dihadapi biasanya adalah lintasan offroad yang tidak hanya penuh dengan debu dan kerikil tapi juga lumpur dan batu.

Jika dibiarkan menempel , saat shock breaker depan bekerja naik turun, debu atau kerikil kecil itu tersangkut di seal shockbreaker dan membuat baret as shock breaker. Jika hal ini terjadi solusi satu-satunya adalah mengganti as shock breaker dengan yang baru. Karena jika dibiarkan, seal akan terus mengalami kebocoran.

Lantas hal apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya? Simpel saja, jangan lupa untuk selalu mencuci motor trail Anda seusai melakukan petualangan. Jangan biarkan debu dan kotoran menempel terlalu lama pada motor trail Anda, karena akibatnya bisa fatal.

comments

`