caption trialgame

Ini Ternyata Alasan Warna Lampu di Motor Trail

Wednesday, 17 October 2018

Tidak semua motor trail dilengkapi dengan lampu rem. Apalagi yang digunakan untuk lomba, lampu rem dianggap menambah beban motor trail sehingga membuat manuver menjadi kurang optimal. Yang jelas lampu rem merupakan perangkat wajib yang harus dimiliki oleh semua kendaraan yang digunakan untuk keperluan sehari-hari, nah termasuk juga motor trail dual sport tentunya.

Begitu pula dengan lampu sein, tidak banyak motor trail yang menggunakan lampu sen, karena alasan diatas. Tapi perangkat ini harus dipasang pada motor trail yang digunakan secara harian. Bayangkan saja jika motor trail digunakan harian tanpa lampu sein. Selain membahayakan diri sendiri, sudah pasti bisa mencelakai orang lain.

Tapi tahukah Anda mengapa lampu rem dan lampu sein memiliki warna tersendiri? Lampu rem identik dengan warna merah, sedangkan lampu sein sudah pasti berwarna kuning pada kendaraan bawaan pabrik. Memang ada saja yang mengganti dua lampu ini dengan warna lain tapi pada dasarnya merah dan kuning selalu identik dengan lampu rem dan lampu sen.

Ternyata hal ini mengacu pada Vienna Convention on Road Traffic. Konvensi tentang kendaraan jalan raya ini digelar tahun 1949. Lampu belakang pada kendaraan dibuat sebagai peringatan bagi pengendara di belakangnya. Oleh karena fungsinya itu, warna cahayanya dibuat agar mudah ditangkap mata.

Mata normal manusia sanggup menerima spektrum warna dengan panjang gelombang 400-700 nanometer (nm). Sementara itu, warna merah memiliki panjang gelombang paling panjang yaitu 630-760 nm. Hal ini lah yang membuat warna merah terlihat dari jarak lebih jauh. Ini juga didukung karakter warna merah yang tidak mudah bias.

Pada tahun 2008, studi NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) 2008 menunjukkan bahwa tingkat respon pengendara meningkat 28% ketika melihat lampu sein berwarna jingga ketimbang lampu sein berwarna merah. jika unsur cahaya kuning pada lampu sein memiliki panjang gelombang 0,58 mikron, dengan tingkat sensitivitas terhadap mata manusia sebesar 0,85 (skala 1.0).

Jika melihat ukuran spektrum warna, lampu sein dengan unsur warna jingga memiliki spektrum yang tak kalah panjangnya yaitu 590-620 nm. Inilah mengapa merah dan jingga dipilih menjadi warna lampu peringatan pada kendaraan. Nah jadi nambah kan pengetahuannya.

comments

`