caption trialgame

Ini Ternyata Fungsi Selang pada Tutup Tangki

Thursday, 11 October 2018

Kendati bukan hal baru, namun ternyata banyak belum mengetahui lho fungsi selang pada tutup tangki motor trail. Selang yang menyembul keluar dari atas tangki itu bukan variasi lho, tetapi memiliki fungsi penting untuk proses pembakaran bensin.

Selang di tutup tangki itu merupakan selang hawa atau selang ventilasi atau lubang pernapasan pada jenis Brlather pipe type alias buat motor cross atau trail. Fungsinya menjaga tekanan udara di dalam tangki biar tetap sama dengan tekanan udara diluar/di lingkungan biar bensin bisa turun ke karburator. Dan karena antisipasi goncangan dalam tanki trail lebih serem makanya perlu dibuat selang dan lubangnya bentuknya besar untuk mengakomodasi tekanan akibat goncangan berlebih

Sementara biasanya memang motor trail bawaan pabrik sudah ada lubang kecil pada tutup tangki. Fungsinya sebagai ventilasi untuk mendorong bahan bakar menuju karburator. Apabila motor trail suka brebet , kemungkinan besar masalahnya dari lubang tutup tangki yang kotor.Ibaratnya kan itu ventilasi udara buat bensin, kalau kotor pasti terhambat (proses laju pembakaran), karena nggak ada hawa, bisa bikin brebet motor, bahkan mogok meski bensinnya full. Oleh karena itu perlu menjaga kebersihan tutup tangki motor ya. Caranya bisa mencopot lebih dulu tutup tangki lalu ditiupkan atau semprot pakai angin dari kompresor

Nah bagi motor trail yang tutup tangkinya memiliki selang, kadang penempatan selang ventilasi ini bisa disesuaikan. posisinya diatur agar tidak kecipratan kotor kalau pass lagi offroad dan tidak kecipratan air waktu kehujanan atau becek2an.

Selang biasanya memakai selang bensin, musti panjang jadi bisa diatur posisinya yang aman dimana, biasanya sih ujung selangnya disembunyiin ke kolong tangki tapi ujung lubang selangnya menghadap belakang tutup lampu depan atau papan nomor start & lubang ujungnya menghadap ke bawa. Biasanya ujung selang lapisi kain kassa atau kain perban lagi agar ada filternya untuk menghalau lumpur atau pasar. Nah sudah jelaskan sekarang fungsi selang pada tutup tangki?

comments

`