caption trialgame

Ini yang Harus Disiapkan Sebelum Lintas Alam

Saturday, 12 March 2016

Menunggani motor trail Anda melintasi alam bersama rekan-rekan menjadi hal yang amat menyenangkan sekaligus menantang. Trek lintas alam biasanya menyajikan beragam kejutan yang tidak bisa ditebak serta resiko yang lebih tinggi, tak heran jika menunggangi trail lintas alam adalah kegiatan favorit banyak orang.

Namun tidak seperti motocross, Anda tidak bisa membawa semua perlengkapan yang diperlukan saat melakukan lintas alam. Hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum anda menaklukan gunung atau hutan yang jauh dari peradaban? Selain tentunya perkakas untuk motor anda, tentu saja ada beberapa hal esensial yang tidak bisa anda lupakan.

Minuman dan Makanan
Hal terakhir yang Anda inginkan adalah terkena dehidrasi saat berada ditengah medan lintas alam yang jauh dari mana pun. Untungnya, dengan inovasi saat ini, anda tidak perlu repot membawa botol minum yang akan mengganggu manuver Anda. Saat ini tersedia tempat menyimpan air yang berbentuk tas backpack. Alat ini tidak akan menggangu kenyamanan Anda dan Anda dapat langsung meminum air yang terhubung dengan selang tanpa perlu membuka helm lagi.

Yang tidak kalah penting adalah makanan. Menunggani motor trail melintasi alam membutuhkan tenaga yang ekstra. Seperti air, makanan akan tetap menjaga energi pada tubuh Anda. Tentu saja anda tidak perlu membawa sebungkus nasi padang atau soto betawi bukan? Siapkan beberapa makan ringan yang mampu menjaga kadar energy serta gula didalam tubuh. Cari snack-snack ringan yang memiliki kandungan kalori tinggi yang siap dikonsumsi.

Perkakas Motor
Jangan lupakan hal penting ini, tapi perkakas apa saja yang perlu dibawa? Yang pertama adalah Set Kunci Tdan set kunci inggris. Anda membutuhkan set perkakas ini untuk mengencangkan beragam baut dan bagian dari motor trail Anda. Sebuah Set Kunci T yang memiliki ukuran 6mm, 8mm, 10mm, 12 mm dan 14mm cukup membantu membereskan beragam masalah.  Jangan lupa untuk mebawa mur dan baut ekstra di kotak perkakas Anda, karena dengan beragam aksi ekstrem yang dilakukan diatas motor trail, kemungkina sebuah mur atau baut lepas dari tempatnya amat besar.

Jika anda memiliki peralatan sederhana untuk menambal ban ada baiknya untuk membawanya juga. Jika berada di tengah hutan biasanya agak sulit untuk mencari tukang tambal ban. Terakhir adalah obeng.  Sebuah perkakas vital yang harus dimiliki. Perkakas ini memiliki fungsi dasar yang penggunannya pasti akan membantu Anda.  Oh iya jangan lupa untuk membawa busi cadangan, anda tidak pernah akan tau kapan akan bertemu dengan genangan air atau kolam bukan?

Peralatan P3K
Peralatan ini wajib Anda bawa. Jatuh dari motor dalam melintasi trek lintas alam biasanya hanya akan menunggu waktu saja. Anda bisa saja tidak terluka atau hanya mengalami sedikit memar sebelum melanjutkan petulangan Anda. Namun jika hal buruk terjadi, perlatan ini akan sangat membantu Anda untuk mengurangi resiko mengalami cedera lebih parah.

Satu catatan penting mengenai menunggangi trail di trek lintas alam. Jangan melakukan hal ini seorang diri. Ajaklah minimal satu teman Anda untuk berbagi kesenangan. Namun alasan utama terpenting adalah saat anda sial dan mengalami kecelakaan, ada yang bisa menolong Anda.

comments

`