caption trialgame

Jaga Performa Motor Trail Tua

Saturday, 21 July 2018

Memiliki motor trail memang seolah mempunyai hubungan istimewa. Ikatan batin yang terjadi antara pemilik dan tunggangan kesayangannya, banyak membuat para penghobi ogah menukar motor trail mereka. Secara tidak disadari, motor trail yang mereka tunggangi kemudian telah berumur dan menua.

Kendati Anda sering melakukan beragam perawatan agar motor trali tua Anda tetap dalam kondisi prima, tetap saja tidak ada sesuatu pun yang bisa melawan waktu. Dalam setiap petulangan yang Anda jalani bersama motor trail Anda, ada beberapa komponen motor yang mengalami penurunan kualitas. Dan pada akhirnya komponen tersebut akan menyerah dan rusak.

Oli, beragam filter yang terdapat pada mesin motor trail, serta bagian-bagian penting dari mesin motor Anda memang memiliki usia pakai. Tapi jangka waktu usia pemakaian komponen-komponen tadi bisa diprediksi. Ada beberapa bagian komponen motor trail yang memang lebih tahan lama dibandingkan yang lain, sehingga terkadang kita melupakannya, sampai komponen itu mengalami kerusakan.

Nah melalui tulisan ini, kami coba menjelaskan mengenai beragam kompoen yang sering terlupakan serta masalah yang biasa menghinggapinya . Dan jika Anda pemiliki motor trail tua, kami rasa akan Anda manfaat khusus dari ulasan kami ini.

- Bearing
Bearing, atau yang biasa disebut dengan nama klaher di Indonesia, jika dilumasi dengan benar akan bertahan dalam jangka waktu yang amat lama. Sakit awetnya komponen ini, sebagian besar orang lupa akan perawatan padanya. Ada beberapa tempat dimana klaher menentukan performa motor trail Anda seperti, steering beraring, swingarm bearing, wheel bearing dan linkage bearing.

Jika komponen ini rusak maka, biasanya akan terdengar suara kasar dan sulit untuk mengendalikan motor trail. Melumasi seluruh klaher dengan rutin tentu akan membuatnya awet. Dan jika motor trail Anda telah berusia lebih dari 10 tahun, dan belum pernah mengalami penggantian bearing. Kami sarankan untuk menuju bengkel terdekat dan mengganti semua bearing yang ada pada tunggangan Anda.

- Seal Karburator
komponen ini memilik bentuk seperti cincin, dan jika Anda belum pernah menggantinya dari pertama kali sejak memiliki motor sebaiknya segera lakukan. Seal ini menutup celah antara mangkuk carb dan mangkuk float yang ada di karburator. Jika seal ini bocor maka bahan bakar bisa membanjiri karburator motor trail Anda.

- Minyak Rem
yup, komponen ini juga sering diabaikan oleh para pengguna motor trail. Jika dirasa masih layak digunakan, tidak banyak yang mengganti minyak rem. Tapi jika minyak rem motor trail Anda sudah terlihat kotor, kami sarankan untuk segera menggantinya ya. Kotoran yang ada di pada minyak, bisa menyumbat dan membuat kinerja rem terganggu. Dan jika hal ini terjadi akan amat sangat membahayakan lho.

comments

`