caption trialgame

Jangan Abaikan Seal Klep Motor Trail

Tuesday, 11 September 2018

Berbeda dengan motor trail 2tak, Jika Motor trail 4tak mengeluarkan asap dari knalpot maka ada masalah yang terjadi pada mesin motor tersebut. Asap yang keluar dari knalpot disebabkan oleh oli yang bocor ke ruang bakar.

Penyebab masuknya oli ke ruang bakar meman g bervariasi, namun salah satu yang paling sering dan paling umum terjadi adalah kondisi seal klep yang berada di head silinder sudah mulai aus dan getas. Komponen berbahan karet ini berfungsi sebagai pembatas agar oli agar tidak memasuki ruang bakar dari lubang klep.

Oli mesin memang dipompa ke head silinder untuk melumasi noken as, rocker arm dan juga batang klep yang bergesekan selama bekerja.Gejala yang paling bisa dilihat dari rusaknya seal klep adalah keluarnya asap dari knalpot.

Jika hal ini terjadi, pasokan asap yang keluar dari knalpot pasti merata. Artinya dari motor trail dalam keadaan langsam sampai digeber pasti akan mengeluarkan asap. Kalau ring piston yang aus, knalpot akan ngebul di RPM tinggi saja. Kalau seal klep yang bermasalah dari langsam hingga digeber akan keluar asap yang lumayan banyak. Selain itu, ciri lainnya adalah warna asap yang dikeluarkannya sangat khas.Warna asapnya putih, biasanya oli kalau masuk ke ruang bakar itu asapnya putih.

Oh iya seiring dengan pemakaian, celah klep akan bergeser dan butuh pijatan tangan mekanik agar celah klep kembali sesuai.Ciri klep harus disetel bisa terasa dari tenaga mesin yang mulai loyo dan suaranya berisik di bagian head silinder.

Namun setting atau setel celah klep juga enggak bisa sembarang apalagi cuma menggunakan perasaan semata. Ada sebuah alat yang bernama feeler gauge untuk menyetel celah klep agar settingan yang dihasilkan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Alatnya sendiri berupa selembaran besi yang punya ketebalan berbeda-beda.

Tidak perlu bingun jika tidak memilikinya, biasanya bengkel resmi menyediakan jasa untuk menyetel celah klep. Biayanya juga tidak terhitung mahal, paling hanya puluhan ribu saja. Nah jadi jangan abaikan kondisi seal klep pada motor trail Anda ya.

comments

`