caption trialgame

Jangan Asal Ganti Ban Motor Trail

Tuesday, 22 May 2018

Salah satu upgrade yang biasanya dilakukan oleh para pengendara motor trail, apalagi bagi mereka yang menggunakan motor trail dual sport, adalah mengganti ban motor dengan ukuran lebih besar. Hal ini dilakukan karena ada teori yang mengatakan bahwa semakin lebar ban, maka daya cengkram akan semakin kuat.

Teori di atas tidak salah, apalagi jika diterapkan pada kendaraan roda empat, tapi untuk motor harus dimbangi dengan beberapa upgrade. Yang paling utama tentu adalah mengganti pelek dengan ukuran yang juga lebih besar. Jika hal ini tidak dilakukan sudah pasti performa ban tidak akan optimal dan bisa menimbulkan bahaya bagi para penunggangnya.

Jika Anda paksakan, permukaan ban tidak menyentuh jalan secara maksimal. Kemungkinan hanya bagian tengah. Dampaknya, daya cengkeram berkurang drastis. Oh iya saat akan mengganti ban dan pelek ke ukuran yang lebih besar jangan lupa perhatikan lebar swing arm motor trail Anda. Jangan sampai membebani swing arm dengan beban yang berlebih.

Nah jika ukuran ban dan pelek sudah diupgrade, maka rasanya Anda juga perlu untuk mengupgrade gear dan rantai motor trail Anda. Kalau ban dan pelek di-upgrade, biasanya akselerasi awal motor jadi lebih berat dibandingkan sebelumnya, dan hal ini juga berimbas pada konsumsi bahan bakar, jadi lebih boros.

Nah biar akselerasi awal tidak berat, disarankan untuk menaikkan ukuran mata gear, biasanya 2 mata dari standar. Misalkan gear belakang standar pakai 39 mata, bisa ganti menjadi 41 mata.Untuk penggantian gir ini, biasanya dilakukan untuk gear belakang saja, karena yang menggerakan roda biasanya dilakukan oleh kompenen ini.

Tentunya jika gear diganti dengan ukuran yang lebih besar, rantai juga harus diganti, karena pastinya akan kurang panjang kalau memakai rantai yang sama.Kalau gir naik 2 mata, otomatis rantai naik 2 mata juga panjangnya.

Jadi, kalo mau mengganti ban motor trail dengan ukuran yang lebih besar, bukan hanya perlu mengganti bannya saja ya. Ada beberapa komponen yang juga harus diganti agar performa tunggangan Anda tetap terjaga.

comments

`