caption trialgame

Jangan Salah Memilih Jenis Motor Trail

Friday, 17 February 2017

Untuk Anda yang sudah menggeluti hobi menggeber motor trail selama bertahun-tahun tentu sudah mengetahui perbedaan beragam jenis motor trail. Memang jika dilihat secara sekilas bentuk dan desain motor trail hampir terlihat sama.  Namun yang membedakannya tentu saja spesifikasi atau peruntunkannya.

Hal di atas cukup banyak membuat para pendatang baru yang kemudian salah kaprah dengan misalnya membeli motor adventure  untuk digunakan pada jalur offroad.  Memang motor tersebut masih bisa digunakan tapi tentu saja tidak akan optimal karena spesifikasi dan peruntukannya yang tidak sesuai. Motor trail jenis adventure diperuntukan untuk perjalanan yang cukup jauh namun dengan medan dan lintasan yang tidak terlalu buruk.

Nah agak tidak salah dalam menjatuhkan pilihan saat akan membeli motor trail, kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai jenis-jenis motor trail yang kini sudah banyak beredar di tanah air. Jadi Anda bisa menentukan jenis motor trail apa yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Dual Sport
Biasanya motor trail jenis ini bisa digunakan di jalan raya, semi off-road, maupun off-road.Karena bisa dikendarai di jalan raya secara legal, maka dual sport telah dilengkapi surat-surat seperti motor pada umumnya.Selain itu, karena adanya regulasi, tentu saja dual sport telah dilengkapi lampu utama, lampu belakang, lampu sein, klakson, spion, speedometer, plat nomor, knalpot sesuai aturan emisi.

Motard
Motard atau yang biasa disebut dengan supermoto, prinsipnya sama dengan dual sport, hanya saja, perbedaan yang mencolok terdapat pada bagian kaki-kaki, karena velg dan ban diganti menggunakan ban aspal.Ukuran kaki-kaki depan dan belakang satu ukuran. Biasanya, menggunakan velg 17 inci.

Enduro
Untuk jenis enduro, biasanya digunakan sebagai kendaraan uji ketahanan. Sepintas memang mirip dual purpose. Biasanya motor trail jenis ini memiliki transmisi hingga enam percepatan dan bagian ban kotak-kotak lebih besar. Motor trail enduro  tidak bisa bisa Anda kendarai dikendarai di jalan raya karena ada beberapa bagian yang dihilangkan, seperti lampu sein, lampu belakang, dan kaca spion. Sedangkan lampu utama tetap dipasang mengingat trek yang dilalui cukup terjal dan jauh, sehingga tak sedikit para rider melaju sampai malam hari.

Motocross
motor trail jenis ini juga tak legal dikendarai di jalan raya. Sebab, motocross tidak dilengkapi dengan beberapa bagian seperti lampu sein, lampu belakang, klakson, kaca spion, dan lampu utama. Ini karena motorcross bukan motor trail sembarangan, karena memang diperuntukan untuk balapan motor off-road.
Karena itu, spesifikasi jenis motor ini telah diubah, dengan performa yang lebih powerfull. Tak heran, jenis motor ini sering ditambah embel-embel SE atau special Engine. Karena menggunakan mesin serta kelengkapan yang lebih bertenaga tak heran jika motor trail jenis ini memiliki harga jual yang cukup mahal.

Adventure
Motor trail jenis ini berbeda dengan motor dual sport. Sebab, motor ini didesain nyaman digunakan karena dikendarai untuk perjalanan jarak jauh, dengan kemampuan off-road yang baik.Selain itu, motor ini dilengkapi dengan  kapasitas tangki bahan bakar besar agar bisa menempuh jarak yang lebih jauh.

Image credit: motocross.transworld.net

comments

`