news

Tips & Tricks
Jika Kena Air Laut Perhatikan Komponen ini ya

view
129
like  
0

Wednesday, 9 January 2019


Posted by : Administrator

Mengendarai motor trail tidak mengenal jenis lintasan. Mulai dari gunung, hutan, hingga pantai, motor jenis ini memang bisa diandalakn untuk melibas semuanya. Tapi ada sedikit catatan bagi Anda yang ingin mengendarai motor di daerah pantai. Hamparan pasir yang luas memang asik untuk mengadu skill di atasnya, namun jika Anda terjatuh di bibir pantai sebaiknya segera evakuasi motor Anda agar tidak tersapu ombak.

Maklum saja air laut terhitung kurang bersahabat bagi motor trail. Dan jika motor trail Anda sudah terlanjur teredam air laut, maka sebaiknya segera periksa segala kondisi kelistrikannya, dan tentunya juga masalah mesin.

Untuk masalah kelistrikan yang paling utama adalah mengecek bagian soket yang menjadi jalur sambungan kabel ke komponen elektrik lainnya pada kendaraan. Meski rata-rata komponen kelistrikan terbuat dari material plastik dan karet, namun saat terkena air laut yang memiliki kandungan garam cukup tinggi, tetap ada imbasnya. Segera bilas dan cuci bersih seluruh bagian hingga rangka dan kabel bodi bersih dari air laut. Jangan lupa untuk mengeringkan juga ya.

Jika ternyata kondisi semua kabel belum kering, upayakan untuk tidak menyalakan kontak lebih dulu.Terlebih jika motor trail Anda berteknologi injeksi , maklum saja semua perangkat elektronik motor trail injeksi sudah terkoneksi dengan engine control unit atau ECU. Sehingga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti korseleting, akan membuat kerusakan pada ECU.

Jangan lupa untuk langsung melepas kabel positif dan negatif pada aki. Hal ini berguna untuk memutus aliran listrik ke ECU. Aki itu kan sumber kelistikan, meski motor dalam kondisi mati akan tetap menyalurkan listik. Kalau dalam kondisi terendan air apalagi air laut yang merupakan pengantar listrik yang baik, efeknya ECU akan terus menerima aliran listrik dalam jumlah yang berlebihan.

Nah setelah dirasa semuanya aman, Anda bisa kembali menyalakan motor trail Anda dan melanjutkan petualangan. Tapi jangan lupa, setiba dirumah segera bersihkan dengan teliti dan jika perlu cuci ulang secara menyeluruh agar pasir dan air laut tidak menempel pada bagian motor trail Anda.

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup