caption trialgame

Karet ini Sering disepelekan Pemilik Motor Trail

Thursday, 12 April 2018

Pemilik motor trail 4-tak tentu merasakan betapa mudahnya merawat motor trail mereka, dibandingkan dengan tunggangan bermesin 2-tak. Nah tapi tahukah Anda sebagai pemiliki motor berpendingin cairan ini, Anda tidak boleh menyepelkan satu benda yang ada pada radiator motor trail Anda. benda apa sih itu?

Karet seal water pump jawabnya. Benda karet ini sering disepelekan oleh para pemiliki motor trail 4-tak. Padahal fungsi dari karet seal ini layaknya sebuah dinding yang memisahkan antara jalur radiator dengan penyimpanan oli.

Salah satu ciri bahwa seal water pump pada motor trail Anda sudah tidak bekerja optimal adalah dengan memperhatikan bunyi-bunyian. Jika terdengar suar mendencit pada saat mesit dalam kondisi idle maka sudah dapat dipastikan bahwa karet seal water pump motor trail Anda sudah dalam kondisi getas.

Ciri lainnya bisa Anda lihat dari kondisi oli mesin motor trail Anda. Jika masih dalam kondisi normal, oli sudah pasti akan berwarna hitam pekat. Namun jika seal water pump sudah dalam kondisi tidak sempurna maka warna oli bisa berwarna hijau atau coklat. Hal ini terjadi karena oli sudah bercampur dengan cairan pendingin pada radiator Anda, bisa bercampur air atau coolant

Dua gejala awal ini yang biasanya luput atau terkadang malah diremehkan oleh para pemilik motor trail. Suara mendecit akan hilang jika motor trail sudah dibawa berpetualang, oli pun bisa diganti dengan yang baru jika warna sudah tidak sesuai. Tapi jika Anda terus membiarkan kondisi ini terjadi pada tungggangan kesayangan Anda, jangan heran jika tak lama kemudian beragam keluhan akan menyusul.

Oli yang sudah tercampur air radiator lama kelamaan akan mengikis bagian mesin.Kalau sudah parah, oli yang seharusnya melindungi gesekan antara beragam komponen di dalam mesin malah akan merusak beragam komponen di dalammnya. Maklum saja tingkat kekentalan serta kandungan di dalamnya sudah tidak sempurna lagi karena tercampur air atau cairan coolant. Dan lama kelamaan, kami jamin mesin motor trail Anda akan jebol. Jika hal ini terjadi, Anda akan merogoh kocek yang sangat dalam untuk memperbaiki kerusakan tadi.

Nah, jika motor trail Anda sudah timbul dua gejala di atas, kami sarankan untuk mengecek kondisi seal water pump tadi, jika perlu ganti dengan yang baru. Harga seal water pump juga tidak terlalu mahal kok, daripada harus membayar ongkos turun mesin yang sudah pasti akan membuat dahi Anda berkerut.

comments

`