news

Tips & Tricks
Kenali Tanda Mesin Motor Trail Overheat

view
215
like  
0

Thursday, 7 June 2018


Posted by : Administrator

Memacu motor trail Anda di medan offroad atau lintasan balap memang mengasyikan. Bahkan dalam beberapa kesempatan, bisa membuat Anda lupa waktu dan sebelum Anda menyadarinya tiba-tiba mesin motor trail Anda mengalami overheat.

Perlu diingat bahwa terlalu lama mengendarai motor trail dalam keadan mesin overheat bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian dalam mesin serta sistem pendingin motor trail. Jika Anda merasakan motor trail Anda mengalami overheat, sebaiknya berhenti sambil mendinginkan mesin tadi. Biasanya jika ini dilakukan tidak akan ada masalah pada mesin Anda. Tapi jika Anda membiarkan sampai cairan radiator mendidih atau bahkan hingga menguap, siap-siap merogoh kocek dalam-dalam karena harus turun mesin dan mungkin mengganti radiatornya juga.

Mesin yang overheat bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah radiator yang rusak atau bocor, dan water pumpnya yang mengalami kerusakan. Lalai dalam melakukan perawatan rutin juga bisa membuat mesin menjadi panas. Radiator yang tertutup lumpur akan bekerja tidak optimal sehingga mempengaruhi suhu mesin. Jangan lupa cek cairan pendinginnya juga. Apakah masih bagus dan masih cukup.

Nah ada beberapa sinyal yang bisa Anda tangkap jika motor trail mengalami oveheat. Yang pertama biasanya adalah kehilangan tenaga. Tarikan motor trail terasa berat kendati Anda sudah menarik dalam-dalam tuas gas. Kemudian perhatikan apakah ada cairan yang menetes? Jika ada berarti ada kebocoran yang terjadi.

Hal lain yang biasanya menyusul adalah paking mesin menjadi terasa panas dan terdengar suara ‘tiktik’ dari dalam mesin karena oli yang terbakar akibat suhu yang panas. Jika Anda mencium bau harum, itu biasanya terjadi karena cairan pendingin yang mulai menguap dari dalam radiator. Jika terjadi biasanya akan disusul oleh keluarnya uap. Jika Anda tetap membiarkan, maka ukuran piston akan membesar dan tidak akan kembali pada ukuran sebenarnya.

Jika Anda mengalami salah satu dari beragam kondisi di atas. Kami sarankan untuk segera menghentikan motor trail Anda dan mengeceknya. Diamkan selama beberapa saat agar mesin kembali dingin. Jika kondisi mesin sudah dingin, Anda bisa menunggangi motor trail kembali tapi jangan terlalu dipaksakan. Cek seluruh kondisi mesin maupun radiator jika sudah berada ditempat yang memungkinkan.

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup