news

Tips & Tricks
Lika-Liku Slang Rem Motor Trail

view
238
like  
0

Wednesday, 12 September 2018


Posted by : Administrator

Sistem pengereman di motor trail Anda berbanding lurus dengan keselamatan. Jika sistem pengereman tidak berfungsi maka kami sarankan untuk mengurungkan niat memacu motor trail di medan offroad. Sebelumnya kami sempat mengulas perlu tidak menguprgade sistem pengereman motor trail. melalui tulisan kali ini kami akan mencoba mengulas lebih dalam mengenai salah satu komponen pada sistem pengereman motor trial yaitu slang rem cakram.

Slang rem dalam sistem rem cakram hidrolik berfungsi penting sebagai penyalur minyak rem untuk menekan piston kaliper.Slang rem didesain harus lentur dan kuat menahan tekanan hidrolik yang dihasilkan oleh master rem..

Tapi ternyata slang rem juga ada umurnya lho, karena slang rem standar biasanya terbuat dari lapisan-lapisan karet dan juga kabel nylon yang mengelilingi seluruh bagian slang.Oleh karena itu, slang rem bisa rapuh dan getas seiring pemakaian, dan tentunya performanya akan berkurang.

Sebenarnya Masa pakai slang rem itu tergantungpemakaian motor trail itu sendiri, tapi biasanya 2-3 tahun itu slang rem sudah mulai keras dan lama-lama getas kemudian pecah atau retak. Nah, jika selang rem bocor karena retak-retak tentu sangat berbahaya karena rem bisa blong.Maka itu wajib dicek, minimal ketika melakukan pembersihan kampas rem.

Nah jika kondisi seperti di atas maka mau tak mau Anda harus mengganti slang rem dengan yang baru. Di pasaran sendiri berjual beragam macam slang rem after market, selain yang diproduksi oleh pabrikan motor trail itu sendiri.

Slang rem aftermarket biasanya terbuat dari braided stainless steel dan mempunyai pilihan warna yang banyak, berbeda dengan slang rem standar yang cuma berwarna hitam. Slang after market dan slang rem stand memiliki kelebihan dan kekurangan, namun yang jelas fungsi keduanya ya tetap sama.

Diameter slang rem aftermarket lebih kecil daripada slang rem standar, hal inilah yang membuat slang rem aftermarket jarang masuk angin dan lebih tahan panas, apalagi jika menggunakan slang rem yang mempunya bahan dasar stainless steel atau braided steel. Sementara itu slang rem standar biasanya memiliki bahan karet yang jika terkena panas akan memuai dan membuat pengereman menjadi 'ngeloss' dan harus 'dikocok' lagi untuk bisa kembali pakem.

Soal harga, ternyata biasanya slang rem standar bawaan pabrik dibanderol sedikit lebih mahal dari slang rem aftermarket.Walaupun ada juga merek-merek slang rem aftermarket yang harganya lebih mahal dibandingkan dengan slang rem bawaan, namun rata-rata bawaan pabrik tetap lebih mahal dibandingkan produk after market.

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup