caption trialgame

Mengatasi Masalah Elektrik Starter Motor Trail

Friday, 16 March 2018

Motor trail jaman sekarang biasanya sudah dilengkapi beragam fitur untuk memudahkan pengendaranya. Salah satu fitur yang paling bermanfaat adalah elektrik starter. Fitur ini dianggap paling membantu pengendara motor trail, karena jika motor mati di area medan offroad yang tidak bershabat, misalnya berlumpur, menyalakan kembalinya tidak akan sulit. Cukup pencet elektrik starter dan motor trail kembali nyala. Bayangkan harus mengengkol starter kaki dengan kondisi medan yang becek, apalagi jika Anda ikut dalam sebuah lomba, berapa banyak waktu yang terbuang.

Nah ternyata fitur yang satu ini bukan tanpa masalah. Terkadang sering dipandang remeh, sampai akhirnya tidak bisa digunakan baru terasa betapa besar manfaatnya fitur ini. Masalah yang sering timbul yaitu elektrik starter tidak mau hidup kendati beragam indikator elektronik pada motor trail Anda seperti speedometer, lampu, dan klakson menyala.

Jangan panik, penyebab hal ini biasanya sederhana, yaitu tombol elektrik starter dalam keadaan kotor. Anda tinggal membersihkan dengan menyemportkan sedikit cairan penetran saja pada perangkat ini. dan biasanya langsung kembali menyala. Tapi jika tidak, bearti ada permasalah yang lebih dalam lagi.

Permasalahan yang menimpa elektrik starter biasanya bermuara pada tiga komponen saja yaitu aki, switch starter dan dinamo starters. Jika aki motor Anda yang bermasalah atau lemah, maka seperti disebutkan di atas, beberapa komponen kelistrikan lainnya seperti lampu dan klakson tidak akan berfungsi normal.

Nah lemahnya daya yang dihasilkan oleh aki bisa membuat switch starter motor trail Anda mengalami masalah. Switch starter bertugas untuk menyambungkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Jika komponen ini mengalami kerusakan maka cirinya adalah ketika tombol starter di tekan hanya terdengar suara seperti saklar lampu yang dinyalakan tanpa ada respon dari mesin.

Memang arus listrik masih ada yang keluar dari switch starter namun dayanya tidak cukup untuk memutar dinamo starter. Untuk memastikan komponen ini rusak atau tidak, Anda bisa langsung menghubungkan tangkai obeng di kedua terminal switch starter, jika mesin ternyata hidup, maka sudah jelas bahwa kompenen ini mengalami kerusakan.

Sementara itu dinamo starter adalah komponen yang paling jarang mengalami kerusakan. Kumparan di dalam komponen ini terhitung kuat dan cukup awet. Namun yang sering mengalami masalah adalah arang kumparn. Jika arang kumparan di dalam dinamo starter tergerus habis, maka arus listrik yang keluar dari switch starter tidak akan terhubung. Anda cukup mengganti kumparannya saja maka masalah akan beres.

comments

`