caption trialgame

Mengenal Istilah Fuel Dilution

Saturday, 16 June 2018

Bahan bakar yang mempunyai kadar oktan tinggi belum tentu bagus untuk motor trai Anda. Setidaknya ada dua patokan sebelum memilih bensin untuk motor yang perlu diketahui. Pertama, pastikan rasio kompresi motor dan kedua lihat kemampuan ignition timing .

Ignition timing ini yang menyesuaikan pembakaran dengan oktan bensin. Ignition timing atau timing pengapian dapat didefinisikan sebagai waktu atau saat di mana busi mulai memantik api di ruang bakar, berdasarkan posisi piston waktu langkah kompresi. Nah ijika hal ini terjadi ada kemungkinan sisa bensin yang tidak terbakar bisa menyusup ke dalam bak oli. Hal ini dikenal dengan nama Fuel dilution.

Lalu apa sih ciri-cirinya jika motor sudah terkena fuel dilution ini? yang pertama adalah oli menjadi lebih encer. Saat dikeluarkan dari bak oli, oli motor akan terlihat lebih encer,Hal ini terjadi karena bensin yang masuk merusak kekentalan oli.

Oli yang sudah encer akibat tercampur dengan bensin ternyata berbahaya untuk mesin motor.Oli yang sudah terlanjur sudah tidak mampu lagi membentuk lapisan film. Sehingga oli tidak bisa melindungi dari gesekan antar part di dalam mesin. Jika hal ini dibiarkan maka lama kelamaan part yang tidak terlumasi dengan maksimal akan rusak bahkan bisa jebol.

Kemudian tercium bukan bau oli seperti pada umumnya.Oli yang tercampur bensin memiliki aroma bau bensin yang lebih tajam .Ciri-ciri terakhir adalah oli cenderung akan berwarna seperti bensin, sebab zat perwarna bensin mencemari oli.

Nah mungkin sudah banyak juga dari Anda yang mengalami gejala di atas tapi tanpa tahu akibat pastinya. Jadi mulai sekarang sesuaikan ya oktan bahan bakar dengan jenis mesin yang digunakan oleh motor trail Anda. Jangan sampai karena ingin dibilang keren karena menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, malah beresiko merusak mesin motor trail Anda.

comments

`