caption trialgame

Meraba Peta Pasar Motor Trail Indonesia 2019

Friday, 20 July 2018

Pasar motor trail Indonesia menggeliat dalam dua tahun belakangan ini. Permintaan pasar yang tinggi akhirnya mendorong para produsen otomotif untuk merilis beragam produk terbaru motor trail mereka di dalam negeri. Sepanjang 2018 ini penjualan motor trail juga tidak mengecewakan, malah di beberapa kota bahkan berhasil menggeser penjualan motor bebek lho.

Dan menjelang kwartal terakhir di setiap tahunnya, biasa para produsen motor akan berlomba memberikan sedikit bocoran pada beragam produk unggulan mereka. Tidak ketinggalan tentu saja adalah segmen motor trail. Nah penasaran bukan, motor trail apa saja yang bakal beredar dan apa perbedaan dengan produksi tahun sebelumnya? Simak ulasannya ya.

Suzuki memang belum berencana untuk merilis motor trail mereka di Indonesia, namun mereka baru saja memperkenalkan lini terbaru mereka. Yang pertama adalah Suzuki DRZ125L. Motor trail ini merupakan salah satu potensi pesaing bagi Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF150L, jika Suzuki berencana merilis produk mereka di Indonesia. Apalagi target utama dari tipe ini adalah para pemula yang baru saja menekuni hobi ini. Nama Suzuki di dunia motor trail Indonesia memang terkenal legendaris, dengan produk ikon mereka yaitu TS125. Sayangnya hingga saat ini pihak Suzuki Motor masih belum berencana merilis motor trail mereka kembali di Indonesia.

Sementara itu Honda juga mulai memamerkan motor trail unggulan mereka untuk tahun 2019 yaitu CRF230F. Secara spesifiasi memang tidak ada perubahan berarti, suspensi depan juga tetap mengusung tipe teleskopik. Tetapi meskipun masih terlihat "kuno" karena pakai teleskopik, suspensi keluaran showa ini sangat mumpuni untuk melibas jalur offroad. Tenaga yang dihasilkan motor trail CRF230F memang tidak seganas KTM 250 EXCF, tetapi soal ketangguhan, daya tahan dan handling, CRF 230F bisa dibilang sedikit lebih unggul lho.

Lain cerita dengan Yamaha, yang mengusung YZ250F sebagai salah satu produk unggulan mereka. Versi 2019 motor trail ini sudah dilengkapi dengan electric starter. Dengan demikian tidak perlu lagi keluar extra tenaga untuk mengengkol untuk menghidupkan motor. Tinggal pencet tombol stater dan langsung gas.

Konon YZ 2050F 2019 ini bakal mengusung mesin baru, sehingga tenaga menengah hingga atas semakin ganas. Asyiknya lagi, untuk seting mesin bisa menggunakan aplikasi lewat smartphone berbasis android atau iphone.Sektor transmisi dan kopling berbeda dengan versi sebelumnya. Diameter kopling kini lebih besar, sehingga lebih punya daya tahan tinggi, terutama ketika digeber habis di cuaca yang panas.

Kapasitas radiator juga lebih besar, sehingga pendinginan mesin akan lebih optimal. Hal ini akan membantu ketahanan mesin jika motor diajak masuk jalur offroad untuk main enduro.Suspensi dan sasis mengalami setting ulang untuk memastikan handling motor semakin nyaman. Suspensi memakai KYB yang dikenal mumpuni di dunia dirt bike.

Nah yang menarik untuk ditunggu adalah sepak terjang dari Kawasaki. Sebagai market leader di Indonesia, Kawasaki saat ini masih menutup rapat produk 2019 mereka. Mungkin mereka akan menyiapkan sebuah kejutan yang bakal mengagetkan para pesaingnya. Jadi kita tunggu saja ya.

comments

`