news

Tips & Tricks
Motor Pilhan Modifikasi Supermoto

view
184
like  
0

Tuesday, 4 December 2018


Posted by : Administrator

Supermoto adalah suatu jenis balapan yang mengkombinasikan road race dan motocross. Sirkuit yang digunakannya sendiri merupakan kombinasi dari 70% Aspal dan 30% sisanya off road. Motornya sendiri merupakan Kombinasi Motor Offroad dengan menggunakan Ban dan Velg spek jalan Raya. Para pengendaranya biasanya menggunakan perlengkapan balap jalan raya yang dikombinasikan denegan boot serta helm offroad.

Berbicara mengenai motor supermoto, biasanya para pemiliknya menggunakan beragam jenis motor trail atau dualsport yang telah mengalami beragam perubahan. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata ada dua jenis motor trail saja lho yang paling digemari oleh para pemilik supermoto tanah air? Kawasaki KLX150 dan Suzuki TS125 adalah jenis motor trail yang paling banyak menjadi pilihan utama untuk dirubah menjadi tunggangan supermoto. Penasaran sama alasannya? Berikut ulasannya ya.

Kawasaki KLX150 menjadi salah satu bahan favorit untuk membuat motor trail karena terhitung memiliki torsi yang cukup galak untuk ukuran motor 150cc 4 tak yaitu, 12 Nm, kendati potensi tenaga yang dihasilkan hanya 8,6 kw saja.

Dimensi yang dimiliki motor ini juga terbilang mungil sehingga sesuai dengan postur tubuh orang Indonesia yang rata-rata memiliki tinggi 168 cm. Tapi motor ini juga memiliki nilai minus pada jumlah jari-jari velgnya, yang lebih sedikit dari velg umum. Jadi diperlukan sedikit kreativitas untuk mengakalinya ya.

Nah berbeda dengan KLX150 tampilan Suzuki TS125 sudah cukup gagah, nggak terlalu kecil. Motor ini juga memiliki power yang cukup lumayan, yang konon mendekati angaka 13 hp. Nah namun setelah mengalami penggantian ban dengan spesifikasi yang lebar, performa mesin menjadi sedikit menurut akibat bobot tambahan dari ban dan velg yang lebih berat.

Biasanya para pemiliki supermoto Suzuki TS125 mengakalinya dengan memodifikasi sedikit bagian mesin , dan kelengkapan standar motor ini masih rem double tromol, jadi masih harus mengeluarkan sedikit biasa untuk merapihkan bagian kaki-kakinya ya. Nah gimana, tertarik untuk membuat supermoto untuk diri sendiri?

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup