news

Tips & Tricks
Motor Trail 2-Tak Ngebul? Ini Penjelasannya

view
138
like  
0

Monday, 9 July 2018


Posted by : Administrator

Semua pasti sudah tahun dong kalo motor trail 2-tak itu selalu mengeluarkan asap dengan volume yang cukup banyak dari knalpotnya. Tingkat polusi udara yang ditimbulkan oleh motor trali jenis memang lebih besar dibandingkan dengan motor trail 4-tak. Makanya motor trail 2-tak agak sulit beredar di Eropa yang memiliki standar uji emisi Euro III yang terhitung tinggi.

Lantas kenapa sih motor trail 2-tak banyak mengeluarkan asap? Salah satu penyebabnya ternyata dipengaruhi karakter kerja mesin motor trail itu sendiri. Mesin 2-Tak dirancang untuk membakar habis oli di ruang pembakaran.2-tak itu total loss, artinya oli pasti habis. Oli di 2-tak harus mudah terbakar karena spek mesinnya memang seperti itu.

Mesin 2-tak memang menggunakan oli tambahan yang biasa disebut dengan oli samping.Oli ini yang melumasi bagian silinder dan ikut terbakar dalam proses pembakaran.Sedangkan yang melumasi mesin bagian bawah tetap oli mesin sama seperti mesin 4-tak pada umumnya.

Namun, kerja oli mesin di mesin 2-tak tidak terlalu berat karena hanya melumasi mesin bagian bawah seperti transmisi.Karena adanya oli samping yang ikut terbakar itulah mesin 2-tak mengeluarkan banyak asap di knalpotnya.Berbeda dengan mesin 4-tak yang tidak ada oli di ruang pembakaran sehingga tidak muncul banyak asap sisa pembakaran.

Nah begitu penjelasan singkatnya. Motor trail 2-tak sedikit banyak, masih memiliki penggemar. Maklum saja dengan kapasitas mesin yang sama, tenaga motor motor trail 2- tak jauh lebih besar dibandingkan dengan motor trail 4-tak.

Selain itu motor trail 2-tak juga memiliki bobot yang sangat ringan, hingga membuat bikin power-to-weight ratio motor trail 2-tak tidak bisa disaingi oleh motor trail 4-tak. Bobot yang ringan itu membuat pengendara tidak cepat lelah saat berpetualang di beragam medan off road.

Dan biasanya penggemar motot trail menyukai mesin 2-tak karena perawatannya mudah. Beberapa jenis motor trail 2-tak bahkan masih menggunakan karburator serta tidak menggunakan sistem elektronik yang rumit. Lebih praktis kata para penggemarnya.

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup