caption trialgame

Motor Trail Masih Pake Rem Tromol? Gak Usah Minder

Monday, 23 April 2018

Di jaman yang semakin canggih ini, perkembangan teknologi pada motor trail semakin pesat. Salah satu perkembangan tersebut yang kini sudah dianggap lumrah adalah rem cakram. Rem yang memiliki bentuk lebih indah dibandingkan rem tromol ini memang memiliki keunggulan dalam hal tingkat kepakeman. Tapi jika motor trail Anda ternyata masih menggunakan rem tromol, jangan khawatir dan jangan minder. Karena jenis rem ini ternyata memiliki keunggulan juga lho. Apa saja sih itu? Yuk kita simak bersama ya.

Sebelumnya mari kita lihat dulu cara kerja rem tromol. Rem jenis ini bekerja atas dasar gesekan antara kampas rem dengan tromol (drum) yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan, sehingga diharapkan dapat mengurangi laju motor secara perlahan.

Kelebihan dari rem tromol jika dibandingkan dengan rem cakram adalah karena sifatnya yang tertutup sehingga tidak mudah disusupi kotoran ataupun debu. Sebuah fitur yang menjadi nilai plus mengingat seringnya motor trail Anda diajak kotor-kotoran melahap medan offroad.

Kinerja pengeraman pada rem tromol lebih lembut dan penampang pengereman dapat dibuat lebih lebar untuk memaksimalkan pengereman.Selain itu rem tromol juga mampu menahan beban yang cukup besar. Anda bisa lihat sendiri buktinya, rem tromol masih banyak digunakan pada kendaraan berat seperti truk atau bus.

Namun, jenis rem tromol sendiri juga memiliki kekurangan. Salah satu kelemahan rem ini adalah karena tidak seluruhnya kampas rem menempel ke tromol roda, maka mengakibatkan daya pengereman pada rem tromol hanya 70 persen.

Tapi bukan berati menjadi nilai minus lho. Jika rem tromol diterapkan di roda belakang, daya pengereman yang hanya berkisar 70 persen tersebut justru menguntungkan karena pengereman roda belakang tak boleh melampaui kekuatan rem depan. Jika rem belakang lebih pakem, alhasil saat rem mendadak maka motor trail akan sulit dikendalikan karena bergerak dengan liar.

Jadi banyaknya penggunaan rem cakram di motor trail keluaran terbaru, bukan karena rem tromol yang tak memiliki kinerja baik, namun lebih disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin tinggi kecepatan motor trail, maka seharusnya menggunakan sistem rem cakram. Sedangkan motor trail berkapasitas mesin kecil, penggunaan rem tromol masih bisa dilakukan.

comments

`