caption trialgame

Mudah Merawat Mesin Motor Trail 4-tak

Wednesday, 14 February 2018

Bagi para pemilik motor trali 4-tak, Anda diharuskan untuk melakukan servis berkala setiap bulan atau maksimal setiap 3 bulan. Biasanya dalam kurun waktu ini, motor trail wajib “setor muka” ke bengkel atau mekanik kepercayanaan. Perawatan terhadap motor trail tentu adalah hal yang penting, disamping untuk menjaga performa, juga untuk menjaga kinjera serta keawetan dari beragam komponennya.

Memang komponen motor mimiliki umur dan waktu edarnya masing-masing, namun jika Anda membiarkanya tidak terawat, tentu aka memperpendek usianya. Tapi tahukah Anda ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sendiri, sehingga ketika menghemat waktu dan dana ketika harus membawanya servis rutin? Apa saja sih? Yuk kita simak bersama ya.

Pertama-tama Anda bisa melakukan pembersihan pada filter atau saringan udara motor trail. Lepaskan baut yang terhubung dengan saringan udara, setelah itu gunakan mesin kompresor udara untuk membersihkan saringan udara tersebut. Usai melakukan hal ini lanjutkan dengan proses pembersihan karburator.

Bongkar karburator dengan melepas satu-persatu komponen yang berada di dalamnya. Setelah semua komponen karburator terlepas, bersihkan satu persatu dengan menggunakan bensin. Untuk areah yang sulit terjangkau, kami sarankan untuk menggunakan kompresor udara untuk menyemprot kotoran yang menempel. Anda juga bisa mencoba dengan meniup sekuat tenaga, jika tidak memiliki kompresor udara.

Selesai membersihkan karburator, segera lakukan penyetelan rantai. Untuk cara menyetel atau setting rantai motor trail, Anda bisa melakukannya dengan melepas baut atau mengendorkan baut yang terdapat pada as roda. Setelah longgar, setel rantai sesuai selera tapi jangan terlalu kencang dan juga jangan terlalu kendor setelah dirasa sudah pass anda bisa pasang kembali dengan cara mengencangkan baut pada as roda tersebut.

Oh iya jangan lupa untuk mengecek kelayakan busi ya. Karena jika busi tidak dalam kerja yang optimal sistem pengapian motor trail Anda akan terganggu. Bersihkan dahulu busi yang sudah digunakan, jika ternyata sistem pengapian motor trail Anda masih terasa terganggu. Kami sarankan untuk segera menggantinya ya.

Merawat motor trail 4-tak sendiri ternyata cukup mudah bukan? jika Anda rutin melakukannya sendiri, niscaya saat mengunjungi bengkel atau mekanik kepercayaan Anda, waktu tunggu dan proses perawatan disana akan lebih singkat karena Anda telah melakukan sebagian dari perawatan rutin itu sendiri.

comments

`