Tentu sebagian besar dari pengguna kendaraan bermotor mengetahui sebuah ritual yang kerap dilakukan yaitu memanaskan mesin. Kegiatan ini biasanya dilakukan saat pagi hari atau ketika suhu kendaraan dalam keadaan dingin. Nah bagi para pemilik motor trail yang merupakan penghobi akhir pekan, tentu saja motor trail kesayangan mereka tidak bisa dipanaskan setiap hari. Dan solusinya adalah memanaskan motor trail sebelum digunakan untuk berpetualang.
Nah kemudian muncul pertanyaan yang selalu dilontarkan yaitu apakah memanaskan motor trail sebelum mengendarainya adalah hal yang wajib? Jawaba singkatnya adalah perlu namun tidak diwajibkan. Untuk lebih jelasnya simak ulasan kami ya.
Saat ini, ada 2 jenis motor trail yang beredar di pasaran, yaitu sepeda motor bermesin injeksi dan karburator. Kedua jenis motor memiliki karakter mesin yang berbeda. Salah satunya adalah teknologi Engine Control Module (ECM) yang terdapat pada motor injeksi. Fungsi ini juga bekerja sebagai sensor pada mesin yang dapat mendeteksi suhu udara motor. Sedangkan motor berjenis karburator tidak memiliki fungsi ini.
Keberadaan fungsi ECM ini juga membuat 'ritual' memanaskan mesin menjadi jauh lebih efisien. Untuk motor injeksi, memanaskan mesin 30 detik hingga 1 menit saja sudah cukup, karena stasioner dan oli dapat bersirkulasi dengan lancar tanpa harus digeber-geber. Bahkan dalam keadaan mendesak pun, sepeda motor injeksi sudah bisa langsung dipacu meskipun mesin dalam keadaan dingin.
Berbeda halnya dengan motor bermesin karburator. Diperlukan waktu setidaknya 2 menit untuk membiarkan mesin menjadi langsam dan siap dipacu, atau mesin akan terasa 'brebet' dan mudah mati. Sedangkan pada motor injeksi, hal tersebut sangat jarang terjadi. Hal itulah yang menyebabkan motor injeksi tidak memiliki fungsi choke seperti halnya motor-motor karburator.
Terlepas dari mesin injeksi atau karburator, memanaskan mesin terlalu lama juga tidak dianjurkan. Selain dapat menimbulkan panas berlebihan, juga dapat merontokkan cat pada knalpot. Bahkan dalam buku panduan safety riding pada masing-masing sepeda motor juga menganjurkan agar tidak memanaskan motor terlalu lama.
Waktu memanaskan mesin yang dianjurkan untuk motor injeksi adalah 30 detik, sedangkan mesin karburator adalah 1-2 menit. Dalam keadaan mendesak, sepeda motor injeksi bisa langsung dijalankan meskipun hanya dipanaskan beberapa detik saja.