caption trialgame

Pengaruh Wheelbase Pada Motor Trail

Monday, 12 November 2018

Wheelbase itu adalah jarak antara sumbu roda yang diukur antara roda depan dan belakang. Nah Jangan anggap sepele panjang pendek wheelbase pada motor trail .Meskipun hanya berbeda beberapa milimeter, karakter motor ternyata bisa berbeda jauh lho.

Selainmempengaruhi kelincahan motor, panjang wheelbase ternyata memiliki pengaruh lain yaitu performa swing arm pada saat motor melaju, nah performa swing arm ini juga akan mempengaruhi performa ban.

Tidak heran jika dalam sebuah kompetisi motor trail, pengaturan wheelbase ini juga mempengaruhi temperatur ban, grip, handling, dan feel.Wheelbase yang lebih panjang akan membuat swing arm lebih fleksibel.

Dampaknya deformasi atau kerusakan permukaan ban akan berkurang dan juga dapat menyerap getaran di permukaan yang tak rata.Sedangakan wheelbase yang lebih pendek membuat swing arm kurang fleksibel.Dampaknya membuat deformasi ban lebih banyak. Deformasi ban sendiri adalah perubahan bentuk pada ban yang secara kasat mata kurang terlihat namun bisa dirasakan saat mengendarai motor trail. Jika deformasi ban terjadi maka, performanya sudah pasti tidak akan optimal.

Lazimnya, semakin panjang jarak wheelbase maka aktivitas mengendarai motor akan menjadi semakin asik. Mengapa?. Jika kendaraan sedang dalam keadaan seimbang maka keseluruhan torsi yang bekerja adalah nol. Nah, jarak sumbu roda akan mempengaruhi besaran gaya yang bekerja di setiap pasang roda kendaraan.Jarak sumbu roda semakin panjang akan menghasilkan gaya pada roda lebih stabil. Dari kestabilan ini barulah muncul kenyamanan.

Oh iya wheelbase juga memiliki pengaruh pada pengereman lho. Terkadang juga diperlukan pengereman berlebih di roda belakang. Pada tipe motor trail tertentu, Anda bahkan perlu mengerem belakang selama melakukan manuver. Hal ini biasanya terjadi pada motor dengan jarak sumbu roda panjang, di mana garpu depan agak memanjang ke depan, sehingga mencegah distribusi bobot dipanggul seluruhnya oleh roda depan.

Untuk motor trail dengan sumbu roda pendek, ada kalanya Anda tidak perlu menekan rem belakang dengan keras, karena denga menarik rem depan yang dibantu dengan tumpuan beban berlebih di depan, kendali motor sudah dapat Anda tangani.

comments

`