caption trialgame

Pentingnya Pelindung Mesin Motor Trail

Tuesday, 23 January 2018

Mesin sudah pasti adalah komponen vital di motor trail Anda. Tanpa mesin, motor trail Anda hanya menjadi onggokan besi berat yang paling banter hanya digunakan untuk foto-foto saja. Untuk itu kondisi mesin motor trail harus selalu dijaga. Bukan hanya bagian dalamnya saja yang harus prima agar mumpuni ketika melibas medan offroad tapi bagian luar mesin juga wajib dilindungi lho.

Hampir sebagian besar pemilik motor trail pasti akan membawa tunggangan kesayangannya berpetualang di medan offroad. Namanya saja medan offroad tentu beragam benda seperti batu, kayu atau benda-benda lainnya akan sering bertemu muka dengan motor trail Anda. terutama bagian mesin karena terletak pada sisi bawah motor.

Nah benda-benda tadi memilik kemungkinan untuk terbentur dengan bagian dari mesin Anda. Bahkan ada yang tutup mesin sampingnya pecah terkena batu, yang kemudian mengharuskan motor trail tersebut dievakuasi. Dampak benturan ini juga bisa membuat blok mesin retak atau pecah. Sebuah tragedi yang tidak ingin Anda temukan bukan?

Untuk mencegah terjadinya hal seperti ini, sebaiknya menggunakan pelindung mesin, atau yang juga dikenal dengan nama skid plate, jika Anda rutin membawa motor trail ke medan offroad . Bentuk pelindung mesin ini sendiri merupakan sebuah plat yang berfungsi untuk melindungi mesin dari benturan. Memang ada beberapa jenis motor trali yang sudah dilengkapi dengan komponen ni, tapi nyaris sebagian besar belum memiliknya.

Pelindung mesin yang banyak beredar dipasaran, memiliki beragam varias bahan, ada yang dari almunium atau ada juga yang dari plastik.Kami sarankan Anda mencari pelindung mesin yang tidak hanya melindungi bagian bawah mesin, tapi juga samping kiri dan dan kanan. Gerakan sepatu menginjak rem dan perseneling kadang bisa meninggalkan bekas permanen yang tidak sedap dipandang mata.

Mengenai bahan yang lebih bagus, tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Bahan plastik tentu ringan dan tahan lama tapi tidak agak rentan pecah jika terjatuh atau terbentur batu. Sementara bahan besi, kendati kuat dan kokoh, tapi akan menambah bobot motor trail Anda. Nah ada juga yang berbahan dasar alumunium. Rasanya bahan ini bisa dibilang ideal. Bobotnya ringan, tidak terlalu mahal dan cukup kuat untuk menahan beragam benturan.

Harga komponen ini sendiri tidak terlalu mahal. Biasanya berada dikisaran mulai 150 ribu Rupiah hingga, jutaan rupiah. Semua tergantung merk dan jenis bahan yang digunakan. Namun jika Anda memiliki waktu luang serta skill yang mumpuni, dengan bermodal plat alumuniun dan beberapa perkakas sederhana, bisa kok membuat pelindung mesin sendiri.

Image: gatedrop.com

comments

`