caption trialgame

Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

Wednesday, 10 January 2018

Bagi para pengguna motor trail dual sport, khususnya yang berada di kota-kota besar Indonesia, penggunaan ban tubeless merupakan hal wajar. Maklum saja, menggunakan ban jenis ini berarti mengurangi kerepotan jika ban kempes tertusuk benda tajam? .

Namun apa jadinya jika ban motor trail dual sport Anda yang tidak terkena benda tajam, tiba-tiba kempes? Padahal kondisi ban masih baru dan tidak tipis. Ada tiga hal yang bisa membuat motor trail Anda mengalami masalah diatas, apa saja itu? Yuk kita simak bersama ulasannya.

Yang pertama adalah kondisi pentil ban. Pentil ban yang kendor bisa juga menjadi pemicu mengapa ban motor tiba-tiba kempes. Itulah sebabnya banyak tukang tambal ban setelah selesai memompa ban selalu menempelkan air ludahnya di permukaan pentil. Itu dilakukan untuk mengecek pentil. Apabila terjadi gelembung udara, maka pentil ban kendor atau tidak pas peletakannya. Usia pentil ban yang sudah lama juga bisa menjadi biang kerok hal ini. jika rasanya usia pentil ban tubeless Anda sudah lama, tidak ada salahnya untuk mengganti dengan yang baru.

Hal kedua adalah bocor halus. Bocor halus biasanya diartikan sebagai keadaan di mana ban mengalami kebocoran dengan lubang yang sangat kecil. Kebanyakan terkena kerikil tajam. Meksipun hanya sebesar lubang jarum, namun itu cukup membuat Anda frustrasi terutama jika Anda sedang ingin terburu-buru menggunakan motor.

Bocor halus kebanyakan memang tak terlihat. Baru akan terasa setelah satu atau dua hari. Dalam kurun waktu itu, ban akan kehilangan udara dan kempes pada akhirnya. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan cairan anti bocor yang biasa dijual di bengkel-bengkel terdekat. Lho kenapa tidak ditambal saja? Memang jika sudah terdeteksi sebaiknya ditambal, namun hampir sebagian besar bocor halus tidak bisa terdeteksi bahkan oleh tukang tambal ban yang ahli.

Dan penyebab terakhir, dan mungkin yang paling banyak menjadi biang masalah kempesnya ban tubeless motor trail dual sport Anda adalah debu dan butiran pasir. Anda pasti tidak ada yang menyangka bahwa ternyata butiran pasir dapat membuat ban menjadi kempes tanpa terlihat. Ini semacam siluman tak terlihat yang mampu membuat Anda jadi galau gara-gara ban kempes.

Butiran pasir biasanya akan menempel di antara ban dan velg. Menumpuknya butiran pasir ternyata membuat gelembung udara yang akan terlihat saat ban direndam di dalam air. Tak gampang terlihat memang, karena sangat kecil. Namun apabila diamati dengan jelas, akan muncul gelembung yang samar. Solusi dari masalah ini adalah dengan mencopot ban dari peleknya, kemudian dibersihkan dan pasang kembali. Jika Anda malas melakukannya, sudah banyak bengkel ban yang menyediakan layakan membersihkan ban.

comments

`

Kenapa ban belakang motor saya sering kempes padahal sudah tubles