caption trialgame

Perawatan Mudah Motor Trail Injeksi

Monday, 15 January 2018

Saat ini motor trail yang mengadopsi sistem pembakaran injeksi sudah terbilang banyak, namun bukan berarti Anda bias mengabaikan perawatan mesin injeksi. Karena jika lalai maka beragam komponen mesin bisa tergerus usia pemakaian.

Sebelum kami mengulas mengenai beragam tips merawat mesin motor trail injeksi Anda, kami sarankan agar motor trail Anda menggunakan bahan bakar dengan takaran oktan 90 ke atas. Bahan bakar beroktan di atas 90 akan menyempurnakan pembakaran di dalam mesin. Jika menggunakan oktan di bawah 90 akan menimbulkan kerak pada sistim injeksi yang bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mesin.

Jangan lupa juga untuk selalu memberi perhatian lebih pada kondisi aki motor trai Anda. Teknologi mesin injeksi masih amat bergantung pada aki sebagai titik awal untuk menghidupkan mesin.

Kami sarankan untuk selalu mengganti oli mesin secara berkala pada motor trail injeksi Anda. Akan lebih baik untuk menggunakan oli yang baru sebelum Anda memulai petualangan. Konsekuensi penggantian oli yang telat adalah mesin motor yang cepat panas, sehingga dapat menyebabkan terjadinya beragam kerusakan pada bagian dalam mesin.

Hal sederhana lainnya yang masuk dalam perawatan motor injeksi adalah pengecekan busi. Peranti itu merupakan pematik api yang dibutuhkan dalam proses pembakaran pada mesin, jika terjadi masalah pada busi karena kurang menghasilkan api yang maksimal, sebaiknya segera diganti.

Beragam perawatan di atas bias Anda lakukan sendiri dengan mudah, agar mesin motor trail Anda selalu awet. Namun ada beberapa perawatan yang memerlukan bantuan professional seperti  memeriksa kondisi ECU (Electronic Control Unit) sebagai otak operasi kerja sistim injeksi. ECU sendiri merupakan alat kontrol elektronik yang berfungsi untuk mengontrol actuator pada mesin pembakaran dalam, seperti ignition dan injection. Secara singkat, ECU adalah otak dari suatu kendaraan yang sudah dikomputerisasi. Intinya jangan sampai ECU ini tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Kami sarankan untuk melakukan servis rutin secara berkala sesuai dengan buku manual dari motor trail yang Anda gunakan. Sekurang-kurangnya lakukan pengecekan motor ke mekanik kesayangan Anda setiap bulan sekali. Jika motor trail Anda digunakan untuk kegiatan sehari-hari, maka kami sarankan untuk memeriksakannya setiap bulan sekali. 

comments

`