caption trialgame

Perbandingan Ban Offroad Lokal dan Import

Thursday, 17 May 2018

Ban adalah salah satu komponen penting  bagi pada penggemar motor traili. Apalagi bagi mereka yang gemar membawa tunggangan kesayangannya bergelut di jalur offroad.  Power mesin yang mumpuni dan suspensi yang mantap tidak akan banyak berarti di jalur offroad ketika pemilihan bannya kurang tepat.

Nah saat ini di Indonesia, ban tipe offroad memiliki beragam jenis. Mulai dari berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Gak heran kalo kemudian beragam produsen ban mulai banyak memproduksi ban jenis ini. Hal ini juga yang kemudian melontarkan pertanyaan klasik. Bagus mana ban lokal atau impor? Nah melalui artikel ini kami coba untuk membandingkan dua ban offroad produksi lokal dan import. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Mari disimak.

Salah satu ban merk lokal yang paling banyak disebut adalah Corsa dan tipe yang populer digunakan adalah tipe MT Cross-R ukuran 18-110/100. Profil kembangan Corsa MT Cross-R terlihat mantab dan kuat, sekilas mirip dengan Dunlop tipe Geomax.

Ban Corsa MT Cross-R amat nyaman  ketika digunakan di atas lintasan berpasir. Ban bisa mencengkeram cukup bagus. Di jalanan berbatupun ban ini masih nyaman dipakai. Tapi kondisi berbanding terbalik ketika melalui lintasan tanah padas yang licin. Ban tidak mencengkeram dengan baik, sehingga kadang membuat slip bahkan bisa terjatuh jika tidak terampil mengendalikan motor.

Tapi jangan khawatir, untuk mengtasinya kami sarankan untuk mengurangi tekanan ban hingga 10psi. dengan posisi tekanan seperti ini, ban bisa mencengkram lebih baik tapi memiliki resiko rawan terjadi kebocoran. Apalagi jika Anda melewati lintasan berbatu yang tajam.  

Dengan harga jual yang tidak terlalu mahal, sekitar 400 ribu, ban ini cukupenak untuk dipakai di jalur kering dan berpasir, tetapi kurang mempunyai daya cengkeram yang baik di jalur licin, terutama di jalur tanah padas yang basah. Kalau jalurnya berlumpur ban ini masih mumpuni.

Nah untuk kategori ban impor, Dunlop termasuk merek yang dikenal baik di kalangan penggemar motor trail tanah air. Ban Dunlop yang paling populer adalah tipe Geomax , tapi kali ini kami akan mengulas mengenai Dunlop tipe D952, mengingat harganya tidak terlalu jauh dengan Ban Corsa MT Cross-R, yaitu pada kisaran angka 600 ribuan.

Bagaimana dengan performa Dunlop D952? Ternyata ban tipe ini sangat cocok dipakai pada beragam kondisi offroad. Di jalur tanah pada licin, ban ini mampu menggigit dengan baik kendati menggunakan tekanan angin 14 psi.

Untuk melibas jalur berbatu juga lumayan enak. Ketika lewat aspal juga lumayan nyaman, meskipun tentunya ban ini tidak untuk digeber habis di aspal karena ban ini memang tidak dirancang untuk on road, tetapi off road.

Salah satu kelemahan D952 adalah  ban kurang menggigit saat membelok ketika akan melahap tikungan dengan kecepatan tinggi. Tipe kembang ban ini membuatnya tidak bisa mencengkram lintasan dengan sempurna. Oleh karena itu kami sarankan untuk tidak memacu motor trail Anda terlalu kencang, salah-salah bisa terjadi sliding yang kemudian mengakibatkan motor terjatuh. 

Masing-masing produk di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tapi kami berusaha untuk menjabarkannya semudah mungkin. Mana yang terbaik? Tentu saja yang sesuai dengan keperluan dan kemampuan Anda.

comments

`