news

Tips & Tricks
Pergantian Oli Mesin Berdasarkan Jam

view
2k
like  
0

Thursday, 16 February 2017


Posted by : Administrator

oli mesin adalah komponen yang vital bagi motor trail Anda. Terutama bagi Anda yang gemar menggeber motor trail di jalur offroad. Terlambat apalagi lagi lalai dalam mengganti oli mesin akan menyebabkan performa motor trail tidak optimal bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada bagian-bagian mesin.

Untuk menghindari hal-hal di atas tentu sebaiknya Anda secara teratur dan berkali mengganti oli mesin motor trail dengan oli yang memiliki kualitas harian. Jika Anda menggunakan motor dual sport maka biasanya patokan pergantian oli mesin menggunakan kilometer alias seberapa jauh motor trail tersebut dipakai. Misalnya untuk pemakaian dalam kota saja yaitu setiap 2000 km.

Tapi bagaimana dengan motor trail build up yang tidak dilengkapi dengan odometer yang mencatat kilometer pemakaiannya? Biasanya motor trail enduro atau motocross memakai patokan jam pemakaian untuk patokan mengganti oli.  

Hampir sebagian besar motor trail enduro build up, menyarankan untuk mengganti oli mesin setiap 10 jam pemakaian. Persoalan kedua kemudian muncul karena tidak semua motor dilengkapi dengan indikator jam pemakaian ini. Jadi 1 jam pemakaian itu setara dengan berapa kilometer ya?

Sebagai contoh di KTM 350, 1 jam pemakaian itu kira-kira menghabisikan 7 liter bensin. Jika 1 liter bensin di motor itu mampu menempuh 20 km, maka 1 jam pemakaian itu setara dengan jarak tempuh 140 km (7 X 20).Nah jika oli mesin harus diganti setiap 10 jam sekali, maka itu setara dengan oli mesin perlu diganti setelah menempuh 1400 km (10 X 140 = 1400).

Memang setiap pabrikan motor trail menentukan waktu yang berbeda untuk pergantian oli mesin. Tetapi kami menyarankan bahwa setiap 10 jam pemakaian itu oli mesin motor trail harus segera diganti. Anda tentu tidak ingin jika motor trail kesayangan Anda rusak bukan? dan biasanya kerusakan yang terjadai karena lalai mengganti oli, memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan perbaikan. 

Image credit: federaloil.co.id

Tags : Trial Game,Indonesia,Motocross,Supermoto