caption trialgame

Rantai Motor Trail Kendur

Thursday, 6 October 2016

Menunggangi motor trail memang kegiatan yang amat menyenangkan dan menjadi pelarian dari rutinitas bagi beberapa orang. Namun hobi ini seperti hobi lainnya, juga memerlukan perawatan pada peralatan yang kita gunakan. Salah satu yang harus menjadi perhatian ada rantai motor.

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya rantai kendur, yang pertama adalah mur pada as roda belakang longgar, sehingga as tertarik maju ke depan. Jika hal ini terjadi maka Anda bisa menyetel ulang rantai dengan dengan cara mengendurkan mur as roda, lalu geser posisi as roda dengan cara memutar mur penyetel yang terletak di lengan ayun. Maka motor trail Anda sudah kembali pada kondisi prima seperti sedia kala.

Tapi jika Motor trail Anda  sering mengarungi medan yang berat serta memiliki  jam terbang yang tinggi, sudah pasti akan membuat rantai motor aus dan terasa kendur. Jika terjadi demikian maka motor trail akan terasa berat saat di gas, dan akselerasi menjadi tidak optimal serta boros bahan bakar. Jika mengalami hal ini maka Anda tidak bisa membetulkannya dengan melakukan setelan pada as roda. Ada dua alternatif yang bisa Anda lakukan yaitu mengganti baru rantai tersebut atau memotongnya.

Jika Anda mengalami hal kedua, tentu sebaiknya segera mengganti dengan rantai yang baru karena memotong rantai bis menimbulkan beragam hal yang bisa membahayakan keselamatan Anda seperti putus, dan rantai menyangkut pada gir. Jika hal ini terjadi maka siap-siap saja terpelanting dari motor trail.

Secara logika, walaupun rantai bisa dipotong namun hal ini tidak aman. Rantai motor terdiri dari beberapa komponenseperti roller, klip pengikat dan lainnya. “Jika rantai tersebut kendur atau melar maka ada kerusakan pada komponen-kompononen tadi.  

Untuk menjaga keawetan rantai serta mencegah terjadinya kendur, sebaiknya lakukan pembersihan berkala. Apalagi motor trail yang kita tunggangi langganan medan yang berdebu, kotor dan berlumpur, karena debu yang bercampur dengan cairan pelumas pada rantai memiliki sifat abrasif yang mempercepat terjadi aus pada rantai motor. Setelah membersihkan gunakan cairan anti karat pada rantai untuk meminimalisir menempelnya debu pada rantai. 

comments

`