caption trialgame

Serba-Serbi Oli Samping Motor Trail 2-tak

Wednesday, 25 April 2018

Oli samping di motor trail bermesin 2-tak, memiliki peran penting untuk melumasi bagian silinder atau ruang bakar. Oli samping juga memiliki fungsi untuk menjaga dan mencegah keausan pada komponen silinder.

Saat ini sudah ada beberapa motor trail 2-tak yang sudah dibekali teknologi pompa oli samping. Tapi tetap saja banyak penggunanya, terutama pada pendatang baru, yang lupa untuk mengisi oli samping. Pada motor trail 2-tak ternyar dengan dukungan teknologi bagus, biasanya sudah ada lampu indikator pada pane instrumennya. Lampu ini akan menyala jika oli samping sudah mulai menurun.

Jika motor trail Anda tidak memiliki fasilitas di atas,Anda bisa melakukan pengecekan melalui tabung reservoir oli samping. Letak tabung ini biasanya berada di samping bodi. Untuk melihat tabung reservoir biasanya harus membuka jok, kemudian buka tutupnya, dari situ bisa dilihat kapasitas oli sampingnya, sudah habis atau belum. Jika terlihat sudah kurang, maka segera tuang oli samping ke tabung reservoir secukupnya jangan sampai luber.

Oh iya, jangan sampai berlebihan untuk mengisi oli samping ya. Ada yang karena malas, bolak balik mengisi, maka ada yang mengisi hingga penuh. Ada juga yang Banyak yang beranggapan kalau oli samping dibikin lebih banyak takarannya, mesin semakin bagus.

Efek dari takaran oli samping terlalu banyak, salah satunya bikin busi cepat mati. Selain itu, komponen silinder juga lebih cepat dipenuhi dengan kerak sisa pembakaran oli.Banyak kerak sisa pembakaran oli yang menempel di kepala silinder dan kepala piston, otomatis tarikan motor jadi berat.

Tarikan motor yang berat juga dipengaruhi akibat oli samping yang menumpuk di bagian knalpot.Oli samping itu kan tidak semuanya terbakar, bila kebanyakan akan menumpuk di knalpot dan tentu menghambat gas buang. Nah oleh karena itu gunakan oli samping sesuai takarannya ya, jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Takaran ideal oli samping biasanya 25 militer untuk setiap liter bensin.

comments

`