caption trialgame

Serba-Serbi Tangki Bahan Bakar Motor Trail

Wednesday, 17 January 2018

Tangki bahan bakar motor trail Anda adalah salah satu komponen utama yang bahan dasarnya menjadi salah satu faktor penting . Maklum saja, kodrat dari motor trail adalah menerjang beragam rintangan di medan berat, jatuh bangun di medan offroad sudah bukan hal aneh lagi bagi mereka yang menggemari dunia ini. Untuk itu bahan dasar tangki yang kuat menjadi nilai pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli motor trail baru, atau mengganti tangki motor trail Anda.

Nah bagi mereka yang menggeluti dunia balap, tangki motor trail bisa menjadi penentu apakah menjadi pecundang atau pemenang. Tak heran jika kemudian pabrikan motor seolah berlomba untuk mengembangkan komponen ini.

Biasa para pabrikan motor trail menggunakan empat bahan dasar yaitu besi , alumunium, titanium dan plastik. Nah melalui artikel ini kami akan mencoba membedah dan membandingkan, bahan dasar apa yang lebih unggul,lebih baik dan lebih menarik untuk digunakan. Yuk simak ulasannya berikut ini ya.

Yang pertama adalah tangki berbahan besi. Tangki jenis ini biasanya ditemukan pada motor trail entry level yang memiliki harga murah. Tangki jenis ini tergolong konvensional namun cukup kuat untuk digunakan, apalagi untuk keperluan sehari-hari. Namun kekurangannya adalah bobot yang berat dan mudah karatan hingga korosi pada bagian dalam tangki.

Kemudian ada tangki alumunium. Tangka ini memiliki keunggulan bobot yang ringan serta tidak mudah berkarat dan korosi. Namun tangki jenis ini memiliki biaya produksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan besi, yang tentu saja berimbas pada harga yang lebih mahal. Tangki jenis ini jarang digunakan oleh pabrikan motor trail karena faktor finansial, tapi jika Anda meminatinya ada beberapa tangki after market yang menggunakan bahan jenis ini.

Untuk tangki berbahan dasar titanium, bisa dibilang penggunaanya pada motor trail belum cukup lazim. Namun tangki yang memiliki kelebihan bobot yang ringat, kuat, tidak karat, tidak korosi dan memiliki kesan mewah, mempunya harga yang amat mahal. Saat ini ada beberapa pabrikan motor trail besar yang menggunakan tangki berbahan dasar titanium.

Nah yang terakhir adalah tangki berbahan plastik. Tidak sedikit yang mencibir ketika mendengar kata plastik, karena konotasinya dekat dengan ember plastik. Namun ternyata fakta di lapangan berkata lain. Tangki jenis ini memiliki kekuatan yang luar biasa, ringan, tidak akan berkarat dan korosi dan tentu saja harganya lebih murah. Tangki jenis ini ternyata juga memiliki kapisitas yang besar, jadi yang gemar enduro gak bakal jadi masalah. Nah sekarang jadi tau kan, serba-serbi tangki bahan bakar motor trail.

Image credit : vitalmx.com

comments

`