caption trialgame

Serbai Serbi Rantai Mesin

Tuesday, 15 January 2019

Rantai mesin adalah suku cadang pada motor yang letaknya berada di blok silinder sebelah kiri. Suku cadang ini berfungsi menggerakkan chamshaft ke kepala silinder. Chamshaft adalah komponen yang bekerja mengatur beberapa klep di dalam mesin. Klep itu terdiri dari klep untuk gas masuk atau yang keluar ke ruang pembakaran.

Di kalangan mekanik, rantai mesin ini dikenal dengan nama rantai keteng. Seperti suku cadang motor lainnya, rantai keteng juga bisa aus seiring pemakaian ataupun telat mengganti oli mesin. Rantai keteng merupakan salah satu suku cadang yang vital. Karena jika sudah aus namun tetap dibiarkan bekerja, maka bisa menyebabkannya lepas dari gir dan berdampak kerusakan total pada mesin. Kalau rantai keteng lepas dari jalur, part yang lain bisa rusak. Dari mulai klep bengkok, bushing klep pecah, sampai piston lecet. Akibatnya mesin rusak total.

Rantai keteng yang aus biasanya bisa dideteksi dari munculnya bunyi dari dalam mesin. Bunyinya sangat mirip dengan kondisi rantai gir yang kendor. Jika menemukan kondisi seperti ini, pengguna motor sebaiknya langsung membawa motornya ke bengkel.

Pada beberapa motor trail yang memiliki torsi atau tenaga yang besar, kendati diservis secara berkala rantai keteng biasanya akan kendor lebih cepat. Nah solusi untuk mencegahnya adalah dengan mengganti rantai keteng, beserta tensionernya. Produk bawaan pabrik biasanya kurang memiliki kekuatan yang maksimal, akan lebih baik jika menggunakan set rantai keteng untuk racing. Apalagi jika Anda gemar membawa motor trail trabas ke alam liar.

Maklum saja tonjokan keteng racing atau aftermarket punya tekanan untuk menonjok lidah keteng lebih kuat.Model yang digunakan bukan yang berbentuk per melainkan yang mempunyai gerigi, sehingga default dari pemasang pertama sudah keras dan tidak akan longgar untuk waktu yang lebih lama.

Jangan sampai membiarkan rantai keteng rusak saat dalam pemakaian. Sebab bisa menyebabkan kerusakan total yang mengakibatkan pengeluaran biaya yang besar untuk perbaikan.

 

comments

`