caption trialgame

Shock Breaker Depan Perlu di Service Lho

Wednesday, 6 June 2018

Tingginya jam terbang motor trail Anda, serta seringnya tunggangan tersebut melintasi beragam medan offroad sedikit banyak akan mempengaruhi beragam komponennya. Salah satu yang biasanya terkena dampak langsung dari dua hal di atas adalah performa shock breaker depan motor trail.

Biasanya shock breaker depan yang bermasalah bisa dirasakan saat dipacu pada kecepatan tinggi yang berimbas pada handling motor trail yang kurang stabil. Sehingga kemudian kenyamanan dalam menunggangi motor trail menjadi berkurang. Untuk itu ada baiknya untuk mengenali masalah yang terjadi pada shock breaker depan motor trail Anda.

Jika terjadi hal di atas, maka hal pertama yang haruss di lakukan adalah mengecek apakah seal shock breaker pada bagian tabung teleksopik dalam kondisi bagus atau sudah bocor. Jika dalam kondisi rusak maka hal ini menyebabkan volume oli berkurang membuat sirkulasi di dalam batang teleskopik tidak normal.

Seal yang sudah bocor membuat oli rembes, akibatnya bikin debu nempel di tabung. Jika tidak buru-buru diperbaiki, akibatnya pipa teleskopik rawan tergores dan mengharuskan komponen tersebut harus diganti baru.

Gejala kerja shock breaker depan tak maksimal, kadang kala tidak disertai dengan kerusakan fisik.Namun bisa dirasakan dengan menekan bagian setang.Jika jarak main rebound sedikit, kemungkinan oli kering atau per spiral sudah mulai lemah.Bisa juga dengan mengamati profil ban pada bagian roda depan. Bila kembang ban terkikisnya tidak rata, ini juga bisa jadi indikasi kalau kalau suspensi bermasalah.

Idealnya setiap 6 bulan sekali sebaiknya komponen ini wajib diperiksa. Apalagi jika motor trail Anda kerap di ajak berpetualang di medan offroad. Namun jika Anda menggunakan motor trail dual sport untuk kegiatan sehari-hari saja, indikator idealnya adalah ketika motor tersebut sudah menempuh jarak 15 ribu kilometer.

Jika sudah menemui dua kondisi di atas maka sebaiknya perlu dilakukan service besar pada shock breaker depan. Nah mumpung lagi diservice, idealnya komponen vital, seperti oli, pegas dan sealjuga perlu diganti demi efisiensi, jadi gak perlu bongkar-bongkar lagi dimasa mendatang untuk mengganti komponen tadi.

comments

`