caption trialgame

Sigap Bermotor Trail di Kala Hujan

Monday, 19 February 2018

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, Indonesia mengalami perubahan cuaca yang aneh. Jika dua atau tiga tahun lalu, hujan deras mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia di akhir tahun, namun kejadiannya berbeda dengan tahun 2017 lalu. Bisa dikatakan sepanjang Desember hingga akhir Januari, hujan yang turun masih dalam kondisi normal.

Namun cuaca berubah 180 derajat memasuki awal Februari, hujan dengan intesitas besar mulai turun secara merata di penjuru negeri. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika bahkan memprediksi kondisi ini akan memanjang hingga bulan Maret mendatang.

Sebagai penghobi motor trail tentu hal ini akan mempengaruhi kegiatan Anda. Banyak yang membatalkan rencana mereka berpetualang dengan motor trail tapi tidak sedikit juga yang tetap melaksanakan hobi mereka. Nah hal apa saja sih yang harus diperhatikan jika ingin tetap berpetualang dengan motor trail di bawah guyuran hujan? Simak ulasannya di bawah ini ya.

Pastikan Anda menggunakan kacamata goggle untuk melindungi mata dari tetesan air hujan. Perangkat ini akan membuat penglihatan serta jarak pandang Anda tidak terganggug. Jangan menggunakan goggle yang memiliki fitur tear off karena air bisa masuk melalui bagian lensa tear of yang kemudian bisa membuat lensa menjadi berembun. Alangkah lebih baik lagi jika goggle yang Anda gunakan mempunyai fitur kedap air.

Gunakan jenis ban yang tepat jika ingin bermotor dalam kondisi hujan. Jika medan yang akan Anda lalui memiliki banyak bagian yang berlumpur maka Anda perlu ban yang memiliki daya cengkram hebat untuk melalui lintasan tersebut. Jika Anda pengguna motor trail dual sport dan hanya memiliki ban standar, kami sarankan untuk melupakan lintasan berlumur sampai Anda memiliki ban yang tepat.

Hujan sudah pasti akan membuat baju yang Anda kenakan menjadi basah. Jangan lupa untuk membawa pakaian cadangan dan segera ganti baju Anda setelah selesai berpetualang atau ketika hujan sudah berhenti. Membiarkan tubuh terbungkus dalam baju yang basah dalam waktu yang lama bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan berdampak pada kurangnya konsentrasi saat mengendarai motor.

Kami harap penjabaran di atas bisa memudahkan Anda bermotor trail dalamkondisi hujan. Jangan lupa untuk membersihkan motor trail Anda segera setelah selesai berpetualang. Tumpukan lumpur di motor trail Anda bisa mengganggu kinerja beragam komponen. Jika malas untuk mencuci bersih, kami sarankan untuk menghilangkan lumpur yang menempel terlebih dahulu. Karena jika menuggu lumpur tersebut kering, Anda akan bekerja ekstra untuk membersihkannya. So have fun in the rain!

comments

`