caption trialgame

Solusi Jarum Speedometer Bergetar

Tuesday, 14 August 2018

Speedometer memang bukan perangkat wajib pada motor trail, apalagi jika motor trail digunakan untuk berkompetisi. Maklum saja, saat berkompetisi motor trail dimodif sedemkian rupa untuk mendapatkan performa tercepat. Dan menambah speedometer sama dengan menambah beban pada motor trail.

Tapi bagi para pengguna motor trail dual sport, perangkat ini tentu wajib untuk dimiliki. Bahkan jika tidak memilikinya, pak polisi tidak akan segan menilang Anda karena kelengkapan kendaraan yang tidak sesuai. Fungsi speedometer sendiri cukup sederhana yaitu untuk mengetahui kecepatan motor saat berjalan.

Nah saat ini ada dua teknologi yang menggerakan speedometer, yaitu kabel mekanis yang menggerakan jarum speedometer dan memutar odometer, serta sensor elektronik untuk membaca kecepatan dan menghitung odometer. Yang terakhir biasanya bisa ditemukan pada motor trail dual sport keluaran terbaru.

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada speedor meter, adalah jarum yang bergerak tidak stabil dan terkadang bergetar ketika motor trail dipacu. Penyakit jenis ini biasanya timbul pada motor trali yang masih menggunakan sistem kabel mekanis pada speedometernya.

Hal ini bisa disebabkan karena gearbox speedometer sudah mulai aus, atau kabel speedometer sudah banyak kotoran, jadi putarannya terhambat. Jadi, kalau jarum speedometer bergerak tidak stabil, caranya sobat bisa buka gearbox yang ada di roda depan sebelah kiri kemudian lumasi dengan grease atau gemuk yang kualitasnya bagus.

Gigi girboks yang terbuat dari plastik ini memang rawan tergerus karena gesekan.Jangan lupa, lihat juga kondisi kabel speedometer pengubungnya, apakah sudah banyak ditumpuki kotoran atau tidak?Bersihkan dengan bensin, lalu kasih oli ke dalam kabelnya. Sebenarnya pihak produsen motor sudah memberikan grease pada gigi-gigi gearbox ini, tapi jumlah tidak banyak. Gak ada salahnya jika Anda menambahkannya sendiri demi kinerja speedometer yang baik bukan?

Melakukan perawatan pada speedometer terhitung mudah. Bahkan terkadang piranti ini sering dianggap sepele, sampai sering dilalaikan perawatannya. Namun jika sudah mengalami kerusakan, baru Anda rasakan betapa berartinya speedometer pada motor trail.

comments

`