caption trialgame

Teknik Mengendarai Motor Trail di Lintasan Balap

Sunday, 22 July 2018

Mengendarai motor trail memerlukan sebuah pemahaman yang berbeda dengan mengendarai motor biasa. Maklum saja, tenaga yang besar serta medan yang ekstrim, akan membuat teknik mengendarai motor menjadi berbeda.

Nah apalagi jika Anda berniat membawa motor trail Anda berkompetisi di lintasan balap, seperti misalnya di ajang Trial Game. Bukan hanya modal berani dan tarikan gas yang kencang saja, tapi ada teknik-teknik tertentu yang harus dikuasai sebelum memutuskan untuk menggeber tunggangan kesayangan Anda di arena balap. Apa saja teknik tersebut? Simak ulasannya ya di artikel berikut ini.

Yang pertama tentu saja adalah selalu melihat jauh ke depan, terutama saat akan memasuki tikungan. Bagi mereka yang belum memiliki mata yang terlatih, biasanya akan telat untuk mengetahui beragam rintangan yang ada di lintasan. Jauhkan pandangan mata Anda dari spakbor depan motor trail, karena dengan demikian pandangan hanya terfokus pada apa yang ada persis di depan motor trail Anda. Kami jamin, jika ada memacu motor trail dengan kencang dan bertemu dengan sebuah handicap, pasti anda akan kaget dan terburu-buru mengambil keputusan.

Sudah menjadi common knowledge, jika mengendarai motor trail dengan posisi berdiri akan memudahkan Anda mengendalikannya. Tapi tahukah Anda bahwa ada dua posisi telapak kaki yang ideal ketika Anda berdiri di atas motor trail. Yang pertama dengan bertumpu pada tumit dan yang kedua bertumpu pada benjolan yang berada di antara jari kaki dan tumit.

Bertumpu pada tumit adalah teknik yang biasa digunakan oleh sebagian besar orang. Teknik ini bisa menghindari Anda mengalami keseleo saat terjadi kecelakaan. Tapi perhatikan posisi jempol ya, karena bisa secara tidak sengaja menekan rem atau kopling. Sementara itu bertumpu pada benjolan antara jari kaki dan tumit, memerlukan waktu untuk pembiasaan. Teknik ini biasa digunakan oleh mereka yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Dengan menggunakan teknik ini tubuh Anda akan lebih bebas dalam bergerak, sehingga manuver di atas motor trail lebih mudah. Anda juga tidak akan mungkin secara tidak sengaja menginjak rem atau kopling.

Pastikan posisi siku Anda berada di atas dan menjauh dari tubuh, dengan dengan demikian akan lebih mudah untuk mengendalikan motor trail. Kombinasikan teknik ini dengan berdiri di atas motor trail, kami jamin akan membuat Anda tercengang. Jika Anda harus duduk saat memacu motor trail, posisikan duduk dengan agak maju ke depan. Sehingga berat Anda akan berada sedikit lebih berat pada bagian depan motor trail. Ini juga akan memudahkan Anda saat bermanuver dalam mengambil tikungan.

Anda mungkin terbiasa menginjak rem dalam posisi sambil duduk di atas motor trail. Teknik ini memang hal yang biasa tapi jika dalam kecepatan tinggi dan di atas lintasan yang ekstrem, teknik akan terasa membuang waktu. Latihlah menginjak rem dengan posisi tubuh berdiri di atas motor trail, kombinasikan antara rem depan dan belakang untuk mendapatkan momentum pengereman yang sempurna. Dengan menguasai teknik ini, akan Anda rasakan betapa efektifnya saat melahap tikungan di atas lintasan.

comments

`