caption trialgame

Teknologi Terbaru Smart Helmet

Friday, 19 January 2018

Inovasi adalah hal yang mutlak harus dilakukan agar sebuah produk bisa terus mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, sedikit banyak memberikan dampak langsung kepada beragam hal. Salah satunya adalah dunia motor trail. Bukan hanya inovasi pada tunggangan kesayangan Anda saja yang dilakukan oleh para produesen, beragam produk pendukun keselamatannya pun ikut berlomba memberika sentuhan teknologi pada produk-produk terbarunya.

Salah satu perangkat keselamatan yang kini mulai marak pengembangannya serta dilengkapi dengan teknologi terbaru adalah helm. Perangkat ini mutlak digunakan untuk semua pengendara sepeda motor, dan kini para produsen helm berlomba mengeluarkan inovasi terbaru mereka yaitu smart helmet.

Salah satu perusahaan yang berencana mengeluarkan smart helmet adalah Skully Technologies. Helm prototipe mereka di perkenalkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas dan memiliki punya fitur unggulan yaitu kemampuan untuk melihat melihat ke segala arah.

Smart helmet yang diberin nama Fenix ini, dibekali kamera dibagian belakangnya dan penggunannya bisa melihat tampilan gambarnya di visor alias kaca helm. Selain itu helm ini juga dibekali augmented reality (AR) yang menampilkan reka gambar jalan yang dilalui.

Fenix juga terintergrasi dengan smartphone, jadi pemakai bisa melihat tampilan smartphone di visor. Untuk melengkapi keunggulan tersebut, Skully Tech juga membuat helm ini terintergrasi dengan GPS untuk peta navigasi. Namun kecanggihan teknologi ini tentu harus ditebus dengan harga yang tidak murah, Fenix dibandrol dengan harga $ 1.899.

Sementara itu produsen lainnya yaitu Borderless, mengeluarkan smart helmet yang bisa mereduksi kebisingan dari lingkungan sekitar. Pas banget nih buat para pengguna motor trail, yang sudah pasti tarikan mesinnya bisa bikin bising orang yang tidak biasa menungganginya. Helm yang diberi nama CrossHelmet ini juga memiliki beragam fitur up to date seperti Bluetooth, GPS, atau aplikasi pada smartphone pengendara.

CrossHelmet menggunakan teknologi CrossSound Control. Fitur akan memudahkan pengendara untuk mengatur dan mereduksi suara saat berkendara. Seperti suara angin atau mesin. Suara-suara itu biasanya menyebabkan pengendara menjadi cepat lelah dalam waktu lama. Dengan CrossSound Control pengendara dapat mengatur suara mana yang nyaman atau bahkan jika menginginkan keheningan

CrossHelmet juga dilengkapi dengan head up display (HUD) bifocal yang berfungsi seperti spion tengah mobil. Gambar yang ditampilkan pada HUD ditangkap oleh kamera yang ditempatkan di belakang atas helm. HUD itu pula yang akan menampilkan berbagai informasi cuaca, navigasi dan pesan telepon saat terkoneksi dengan smartphone pengendara. Canggih ya.

Sementara itu di tahun 20198 ini, pembuat smart helmet Nuviz dan helmet communicator Sena dipastikan akan melakukan kerjasama. Sena selama ini dikenal sebagai sistem komunikasi yang dipasang pada helm. Produknya inovatif seperti headset bluetooth yang terintegrasi dengan kamera video dan hampir mendekati perangkat smat helmet. Sedangkan Nuviz, tengah menjajaki pasar dengan produk inovatif smart helmet.

Memang hingga saat ini belum ada pengumuman resmi mengenai bentuk kerja sama dari kedua perusahaan ini namun dengan catatan serta produk yang telah dihasilkan keduanya, hasil persilangan mereka diyakini akan memberikan revolusi tersendiri pada dunia smart helmet. Menarik untuk ditunggu bukan?

comments

`