caption trialgame

Tepat Gunakan Penyangga Motor Trail

Sunday, 20 November 2016

Menunggangi motor trail membutuhkan fisik dan tenaga yang prima. Tapi bukan hanya itu saja, terkadang Anda harus mengangkat motor seberat 100 kg ke atas sebuah penyangga dengan bermodalkan tekad baja dan otot.

Jika Anda baru saja berkenalan dengan dunia motor trail, penyangga motor trail adalah sebuah perlengkapan yang wajib dimiliki. Benda ini ama krusial untuk perawatan motor trail, penggantian ban dan saat mengutak atik rantai serta gir. Fungsi dari penyangga ini kurang lebih dengan sama dengan dongkrak pada mobil. Dan jika Anda gemar mengutak-atik motor trail, penyangga adalah teman setia Anda.

Tapi mengangkat motor trail ke atas penyangga bukanlah pekerjaan mudah. Dibutuhkan beberapa orang untuk bisa mengangkat mesin seberat 100 kg sebuah penyangga dengan sempurna. Jangan khawatir kami akan memberikan beberapa tips dan trik mudah untuk mengangkat motor trial Anda ke atas penyanga tanpa bantuan teman atau membuat Anda terkena hernia.

Cara termudah pertama adalah tentu dengan menggunakan penyangga. yang memiliki fasiltas pengangkat layaknya sebuah dongkrak. Anda cukup memposisikan motor trail di atas penyangga kemudian injak atao pompa tombol pengangkat. Semudah itu motor trail Anda sudah berada di atas penyangga. Tidak perlu mengeluarkan tenaga besar, hanya perlu merogoh kocek sedikit dalam karena penyangga jenis ini biasanya dijual dengan harga yang tidak murah.  

Jika Anda menggunakan penyangga tradisional, maka ada dua cara yang bisa Anda gunakan yaitu mengangkat sisi samping motor trail atau mengangkat roda belakang motor trail. Mengangkat sisi samping motor trail adalah cara yang paling banyak digunakan. Metode ini memanfaatkan standart sepeda motor yang kuat dan memanfaatkannya untuk kepentingan Anda. Miringkan motor trail Anda dan kemudian gunakan ayunan pinggang serta lengan Anda untuk mendorong motor ke arah atas penyangga. Jika Anda sudah menguasai teknik ini, hanya diperlukan waktu dua detik untuk mengangkat motor trail ke atas penyangga.

Metode menganggkat roda belakang motor trail adalah metode yang kurang populer namun sebenarnya lebih mudah dilakukan ketimbang mengangkat sisi samping motor trail. Caranya adalah angkat roda belakang dengan lengan dominan anda, dan letakan lengan yang lain pada spakbor belakang. Angkat secara perlahan, dan pindahkan motor ke atas penyangga. Setelah stabil, atur arah roda depan sesuai dengan kebutuhan.  Masalah yang timbul ketika menggunakan metode ini adalah roda depan yang kerap berjalan saat anda mengangkat roda belakang.

Metode terakhir adalah menggunakan penyangga segitiga. Penggunaan metode ini hampir sama dengan standar pada motor trail Ada. Alat ini juga tidak mahal dan penggunaannya hampir tidak mengeluarkan tenaga. Anda hanya perlu menempelkannya pada bagian belakang roda motor trail dan motor Anda sudah dapat berdiri dengan sempurna. Tapi kekurangannya adalah motor trail tidak terangkat saat menggunakan penyangga segitiga dan ini akan menyulitkan Anda jika ingin melakukan perawatan pada motor trail.
image credit : dirthammers.com

comments

`