news

Tips & Tricks
Tepat Memilih Footstep Motor Trail Ideal

view
390
like  
0

Thursday, 8 February 2018


Posted by : Administrator

Beragam cara dilakukan oleh para penghobi motor trail untuk dapat mengeluarkan potensi terbaik dari diri mereka atau motor trailnya. Mulai dari melakukan beragam modifikasi ringan hingga yang rumit, sampai melakukan diet dan olahraga teratur untuk bisa menjaga stamina.

Nah tapi tahukah Anda bahwa ada komponen kecil yang jika dilihat secara sekilas dianggap tidak memiliki pengaruh pada performa Anda atau motor trail Anda. komponen itu bernama foot step atau pijakan kaki. Setiap motor yang dijual di pasaran sudah pasti memiliki foot step. Alat ini adalah perangkat standar yang harus dimiliki.

Hampir sebagian besar pengguna motor trail tidak akan mengganti pijakan kaki bawaan pabrik , sampai komponen ini benar-benar tidak layak digunakan. Ciri-ciri foot step yang tidak layak digunakan adalah  Anda akan tergelincir saat duduk di atas motor, atau  kesulitan saat mengoper gigi dan mengerem. Beberapa hal lain yang membuat Anda harus mengganti foot step antara lain besar pijakan kaki terlalu sempit, tidak memiliki gigitan lagi pada kaki, rusak terkena lumpur atau batu,  dan ingin mengurangi bobot motor trail.

Ada beberapa hal yang harus diketahui jika ingin mengganti foot step motor trail Anda, misalnya pijakan kaki aftermarket  biasanya memiliki ukuran sedikit lebih besar dibandingkan dengan  bawaan pabrik serta ada dua jenis kembang pijakan yaitu permanen dan non permanen yang bisa Anda pilih. Kembang permanen berarti jika terjadi kerusakan kembali Anda harus mengganti secara keseluruhan, sedangnkan kembang non permanen Anda bisa membeli kembangnya saja jika dirasa gigitannya sudah mulai tumpul.

Namun kelebihan kembang non permanen  juga merupakan kelemahannya. Pijakan jenis ini bisa saja terlepas dari dudukannya saat motor anda mengalam kecelakaan sehingga pasti akan merugikan, apalagi jika terjun dalam sebuah kompetisi.

Foot step juga memiliki beragam bahan dasar mulai dari baja, alumunium hingga titanium. Tetapi Foot step berbahan dasar titanium biasanya menjadi pilihan utama para penggila motor trail karena lebih tahan terhadap hantaman keras ketimbang pijakan berbahan baja atau alumunium. 

Mengganti perangkat ini secara tidak diduga bisa meningkatkan performa Anda di atas motor trail. Memindahkan  gigi menjadi lebih mudah, lebih leluasa dan lebih lugas. Performa rem pun biasanya ikut menanjak, kaki Anda seolah mendapatkan titik sensitif baru ketika menginjak rem. Tidak percaya? Ayo coba ganti foot step motor trail Anda dan buktikan perbedaannya. 

Tags : Trial Game,Indonesia