news

Tips & Tricks
Tips membersihkan Power Valve Motor Trail 2-Tak

view
116
like  
0

Thursday, 11 January 2018


Posted by : Administrator

Salah satu terobosan terbaik pada motor trail 2-tak, terjadi pada pada tahun 1980an. Saat itu untuk pertama kalinya teknologi power valves digunakan pada mesin ini, yang membuat tarikan mesin memiliki jangkauan yang lebih luas. Sebelumnya motor trail 2-tak hanya mampu memiliki tenaga yang besar pada putaran mesin rendah atau tinggi, namun tidak diantaranya.

Power Valve juga dikenal dengan nama katup pembuangan, berfungsi membuka dan menutup saluran pembuangan yang membuat mesin menjadi lebih stabil berdasarkan putaran gas. Untuk itulah bagian dari mesin ini harus mendapatkan perawatan yang sesuai.

Power valve yang tersumbat atau lengket pada bagian dalamnya akan membuat katup tersebut menutup atau membuka lebih lama, sehingga menunggani motor trail menjadi hal yang menyebalkan. Menggunakan kualitas bahan bakar serta campuran bahan bakar berkualitas rendah, akan membuat residu karbon dan tumpukan kotoran mengganggu pergerakan power valve.

Kondis power valve yang tersumbat juga akan mempengaruhi kinerja busi motor trail Anda. Jika Anda sering mengganti busi atau kesulitan untuk menambah tenaga ketika motor mulai melaju kencang, ada baiknya untuk mengecek kondisi power valve. Membersihkan power valve terhitung mudah, namun untuk dapat melakukannya Anda harus membongkar sebagian besar mesin. Bukan hal yang sulit, namun jika tidak teliti tentu akan berakibat fatal.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencopot silinder mesin, ini berarti Anda harus melepas seal gasket. Ingat jangan gunakan kembali seal itu, gunakan seal yang baru agar tidak terjadi kebocoran pada bagian ini.

Bentuk silinder tempat power valve berada terlihat seperti sayap pesawat terbang. Anda harus melepaskan beberapa baut untuk dapat mengambil katup itu. Lihat manual motor trail Anda, jika perlu foto dulu posisi power valve sebelum mengangkatnya, sehingga Anda tahu posisi yang benar saat akan menaruhnya kembali.

Jika sudah terlepas, segera bersihkan sisa-sisa karbon pembakaran dengan menggunakan sikat gigi dan gunakan bensin untuk memudahkan proses pembersihan. Bila perlu rendam bagian tersebut di dalam bensin untuk beberapa saat untuk hasil yang lebih optimal. Nah setelah selesai proses ini, Anda bisa kembali merangkai kembali mesin motor trail Anda, dan merasakan perbedaan yang signifikan pada performa tunggangan kesayangan Anda.

Image credit : southbayriders.com

Tags : Trial Game,Indonesia