TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Tips Menyetel Karburator Motor Trail

Tips & Tricks 29.12.2017

Karburator salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor, karburator juga berpengaruh pada kondisi mesin yang baik. Jika karburator mengalami sedikit masalah maka mesin tidak akan bekerja dengan optimal. Karena karburator berperan sebagai penyalur bensin dan udara dengan takaran yang sesuai untuk di salurkan ke ruang pembakaran, yang menghasilkan tenaga gerak pada sebuah mesin motor trail.

Karena itu karburator adalah penentu utama kinerja sebuah mesin. Tentu saja perawatan pada karburator  amat penting untuk menunjang kinerja motor trail Anda, serta membuat mesin menjadi lebih awet dan tahan lama.Beberapa hal yang bisa terjadi ketika karburator mengalami masalah adalah mesin mogok, atau tenaga kurang optimal serta mesin tersendat. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyetel karburator.

Menyetel Karburator berati mengatur kecepatan putaran mesin pada saat langsam (stationer / idle) dan mengatur pencampuran bahan bakar dengan udara. Bila kecepatan langsam disetel terlalu tinggi maka pemakaian bahan bakar akan boros, sedangkan bila disetel terlalu rendah maka mesin cenderung sering mati.  Melakuan penyetelan karburator harus dalam keadaan mesin motor trail  hidup dan telah panas. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak urutannya berikut ini ya : 

1. Putarlah mur penahan skep (throttle) sehingga putaran mesin meninggi.

2. Putarlah mur pengatur udara (air screw / pilot screw) kearah kanan hingga putaran mesin menurun.

3. Putarlah kembali ke kiri agar putaran mesin naik kembali. Berhentilah memutar saat putaran mesin agak naik

4. Dengan posisi mur seperti ini putaran mesin agak tinggi, maka untuk menurunkannya putarlah mur penahan skep ke arah kiri hingga putaran mesin pada kecepatan yang sesuai sengan spesifikasi.

5. Jika diperlukan lakukan penyetelan pada skrup udara. Putar sekerup udara searah jarum jam sampai duduk dengan ringan kemudian putar balik sesai spesifikasi yang diberikan. Pembukaan skrup udara kisaran 1.5 putar keluar

Berita terkait

News
Tips & Tricks 14.02.19

Yuk Belajar Motor Trail yang..

     Mengendarai motor trail memang bukan perkara mudah. Modal berani dan punya motor saja tentu tidak cukup. Ada banyak...

News
Tips & Tricks 14.02.19

Perhatikan Hal Ini Saat Berburu..

     Hobi motor trail memang bukan hobi yang murah, karena tanpa membeli sebuah unit motor trail, rasanya amat sangat...

News
Tips & Tricks 13.02.19

Mudah Bersihkan Karat di Foot..

     Salah satu penyakit yang paling sering menimpa motor trail adalah karat. Dan tempat yang paling sering dihinggapi oleh...