caption trialgame

Tips Mudah Ganti Oli Shockbreaker

Monday, 4 December 2017

Shockbreaker merupakan perangkat vital bagi motor trail, tanpanya getaran pada permukaan lintasan akan langsung terasa pada motor trail dan akan membuat mengendarainya menjadi tidak nyaman. , Shockbreaker sendiri terdiri dari beberapa komponen yaitu seal, per dan oli shockbreaker. Nah kadang pemilik motor hanya memperhatikan seal shockbreker, khususnya pada saat sil tersebut bocor dan oli merembes dari batang shockbreaker.

Tidak sedikit yang mengabaikan untuk mengganti oli shockbreaker padahal oli ini harus diganti secara berkala demi kenyamanan dan keselamatan berkendara. Mengganti oli shockbreaker bukanlah proses yang rumit, dengan panduan yang tepat Anda bisa melakukannya di rumah.

Pertama tentu harus menyiapkan peralatan pendukung yaitu oil seal, penutup seal, Oli Shockbreaker, kunci ban yang sesuai dengan ukuran motor trail Anda (ada yang ukuran 17 atau 19) dan kunci L. Segera setelah semua tersedia makan segera lakukan langkah dibawah ini ya.

  1. Copot ban dan spakbor motor trail agar mudah mengganti oli shock depan Motor.
  2. Gunakan kunci L untuk menglonggarkan baut yang berada diujung bawah shockbreaker atau front fork.
  3. Setelah baut longgar, silahkan copot satu persatu komponen di dalamnya termasuk per shock motornya.
  4. Kalau sudah dicopot selanjutnya buka baut L yang sudah dilonggarkan tadi, kemudian keluarkan dan kuras oli sampai bersih.
  5. Tarik bagian as shockbreaker yang mengkilap atau beraksen krom hingga lepas.
  6. Bersihkan as tersebut dengan kain halus, jangan sampai tergores karena bisa menyebabkan kebocoran.
  7. Kemudian setelah itu anda bisa periksa bagian seal nya,,jika terdapat ada karat nya atau sudah rusak maka anda bisa menggantinya dengan yang baru agar performa lebih maksimal.
  8. Setelah bersih, pasang kembali asnya ke bagian bawahnya.
  9. Setelah dikencangkan, tinggal masukkan oli lewat baut L yang tadi di copot yaitu bagian atasnya.
  10. Pasang kembali baut dan jangan lupa untuk memasang gasket agar tidak terjadi kebocoran.
  11. Setelah selesai pasang kembali kembali shock, serta komponen lainnya. dan selasai sudah proses penggantian oli shockbreaker. Mudah bukan?

comments

`